Nurohmah, Riska (2014) Manajemen Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di RA. Al-Falah Kauman Ngunut Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
(7) ABSTRAK.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Anak Usia Dini, Manajemen, Pendidikan Agama Islam. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam terhadap perkembangan anak usia dini. Karena masa anak-anak merupakan masa yang sangat kondusif untuk menerapkan pendidikan agama Islam sebagai bekal untuk kelangsungan hidupnya. Maka dari itu pengaturan atau manajemen pendidikan agama Islam sangat penting untuk di kelola sebaik mungkin dengan harapan supaya tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah? (3) Bagaimana penilaian pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Memahami perencanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah (2) Memahami pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah (3) Memahami penilaian pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, partisipasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Milles dan Habbenwan Pola yang meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), dan verifikasi dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan perencanaan pembelajaran yang sangat matang, pasti proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan tepat sasaran sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Perencanaan pembelajaran meliputi: RPP, metode, media yang akan dipakai. Dalam perencanaan juga meliputi proses perencanaan semester dan perencanaan tahunan. (2) Penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini di RA. Al-Falah terjadi dalam kegiatan pembelajaran, yang mana program pembelajaran di RA. Al-Falah ada dua yaitu program sikap dasar dan pengembangan kemampuan dasar yang disebut dengan materi plus. Selain itu pelaksanaan pendidikan agama Islam juga terdapat pada aspek Nilai-nilai Agama Moral (NAM). (3) Penilaian pendidikan agama Islam pada anak usia dini di RA. xv Al-Falah sangat mutlak diperlukan karena dengan adanya penilaian tersebut mampu mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pencapaian pendidikan yang dicapai oleh peserta didik. Langkah-langkah penilaian untuk anak usia dini adalah: a. Merumuskan kegiatan, b. Menyiapkan alat penilaian, c. Pelaksanaan penilaian, d. Pencatatan hasil penilaian, dan e. Rekapan penilaian. Kemudian bentuk penilaiannya dibagi menjadi dua macam yaitu: a. Penilaian tagible (penilaian yang bisa dilihat) contohnya menghafal ayat-ayat Al-Qur’an, b. Penilaian intagible (penilaian yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan) contohnya akhlak peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2014 04:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49 |
Actions (login required)
View Item |