IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ DALAM PROGRAM SEKOLAH SAK NGAJINE (SSN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN PESERTA DIDIK DI UPT SDN SUMBERAGUNG 01 GANDUSARI BLITAR

ZULFA AINIA, 126201203250 (2024) IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ DALAM PROGRAM SEKOLAH SAK NGAJINE (SSN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN PESERTA DIDIK DI UPT SDN SUMBERAGUNG 01 GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tahfidz dalam Program Sekolah Sak Ngajine (SSN) untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik di UPT SDN Sumberagung 01 Gandusari Blitar” ditulis oleh Zulfa Ainia, NIM 126201203250, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci : Metode Tahfidz, Kualitas Hafalan Penelitian ini dilatar belakangi karena keresahan orang tua yang menganggap pendidikan islam di sekolah berbasis non agama belum mampu menjadikan anak mereka menguasai pengetahuan tentang ajaran Islam. Faktor penyebabnya karena keterbatasan waktu dalam pelajaran agama. Hal ini menunjukkan bahwa program tambahan pembinaan wawasan agama pada sekolah non agama sangat penting. Adanya program dari pemerintah kabupaten Blitar berupa program Sekolah Sak Ngajine yang diterapkan di UPT SDN Sumberagung 01 Gandusari diharapkan bisa menjembatani peserta didik agar tidak tertinggal dalam hal agama. Program ini unggul dalam bidang tahfidz karena lebih mengedepankan pada kualitas hafalan dan memberi dampak positif pada peserta didik. Implementasi metode tahfidz pada program Sekolah Sak Ngajine (SSN) merupakan penerapan mengenai cara menghafal Al-Qur’an dengan memperhatikan kaidah yang sesuai dalam menghafal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi metode tahfidz dalam program Sekolah Sak Ngajine (SSN) untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik di UPT SDN Sumberagung 01 Gandusari Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode tahfidz dalam program Sekolah Sak Ngajine (SSN) untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik di UPT SDN Sumberagung 01 Gandusari Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode tahfidz dalam program Sekolah Sak Ngajine (SSN) untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik di UPT SDN Sumberagung 01 Gandusari Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan implementasi metode tahfidz dilakukan dengan membuat target, menyusun jadwal kegiatan tahfidz, menyiapkan media dan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan menghafal Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas hafalan menggunakan metode sima’i, ziyadah, dan murojaah melalui tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. (3) Evaluasi metode tahfidz dilakukan dengan dua penilaian yaitu harian dan semester. Penilaian harian dilakukan saat setoran hafalan sedangkan, penilaian semester berupa uji kelulusan dengan memurojaah semua hafalan dalam satu waktu. Indikator yang diuji berupa kelancaran, tajwid, dan makharijul huruf.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203250 ZULFA AINIA
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:23
Last Modified: 26 Jul 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49041

Actions (login required)

View Item View Item