Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Bantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Panggul Trenggalek

Arda Satrio Wicaksono, 2814123047 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Bantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Panggul Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul Skripsi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
lampira awal.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Fenomena kurangnya minat peserta didik mengikuti pelajaran matematika, sehingga menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif dan hasil belajar matematika peserta didik menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena selama ini hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, seharusnya guru menggunakan model pembelajaran yang menjadikan peserta didik menjadi aktif dalam mengikuti pelajaran salah satunya adalah model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran langsung dengan bantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika peserta didik pokok bahasan segiempat pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Panggul Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Panggul Trenggalek, dengan jumlah keseluruhan adalah 286 peserta didik. Adapun sampel dipilih dari sebagian kelas VII SMPN 1 Panggul yaitu kelas VII F yang berjumlah 31 siswa dan VII A yang berjumlah 31 siswa. Sampling dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji–t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran langsung dengan bantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan segiempat pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Panggul Trenggalek. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung dan ttabel dimana nilai thitung = 5,853 > nilai ttabel = 2,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123047 ARDA SATRIO WICAKSONO
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:57
Last Modified: 20 Mar 2017 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item