تحسين المفردات باستخدام الوسائل القصة المصورة لدى طلبة الصف العاشرة في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٤ جومباع)دينايار)

MAULIDIA NUR LAILIN, 126202202049 (2024) تحسين المفردات باستخدام الوسائل القصة المصورة لدى طلبة الصف العاشرة في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٤ جومباع)دينايار). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Meningkatkan Mufrofat dengan Menggunakan Media Cerita Gambar di Kelas X MAN 4 Jombang (Denanyar)" ditulis oleh Maulidia Nur Lailin, NIM 126202202049, Program studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muchamad Chabir Sirad., M.Pd.I. Kata Kunci : Media Cerita Gambar, Pembelajaran Mufrodat. Dalam pembelajaran Bahasa Arab, media seperti cerita gambar penting untuk memperluas kosakata. Dengan cerita gambar, siswa dapat memahami makna kata secara visual, mempercepat pembelajaran, dan mengaitkan kosakata dengan konteks yang lebih mudah dipahami. Oleh karena itu, penggunaan media ini membantu siswa meningkatkan keterampilan kosakata berbahasa Arab mereka.. Fokus Penelitian : 1)Bagaimana proses penggunaan media cerita gambar dalam pembelajaran mufrodat di kelas X-N MAN 4 Jombang, 2)Bagaimana permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan media cerita gambar dalam pembelajaran mufrodat di kelas X-N Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang, 3) Bagaimana solusi yang diberikan terhadap permasalahan penggunaan media cerita gambar dalam pembelajaran mufrodat di kelas X-N Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Metode Penelitian : Metodologi Penelitian: Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian : 1) Pengajaran kosakata dengan media cerita gambar di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang adalah: Pertama, perencanaan pembelajaran kosakata sesuai dengan Rencana Pembelajaran, Kedua, langkah-langkah proses pengajaran kosakata menggunakan media cerita gambar. 2) Permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan media cerita gambar dalam pembelajaran mufradat adalah: Pertama, kurangnya guru yang menguasai teknologi. Kedua, fasilitas sekolah yang kurang memadai. Ketiga, pengajaran bahasa Arab yang bukan bahasa ibu. Keempat, kelemahan keterampilan guru dalam mengatur waktu dan membuat media pendidikan. Kelima, latar belakang siswa yang berbeda. Keenam, semangat siswa lemah 3) Solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan media cerita gambar dalam pengajaran kosakata adalah: Pertama. mengikuti pelatihan teknologi. Kedua, meningkatkan fasilitas sekolah. Ketiga, guru memotivasi siswa tentang pentingnya pengajaran bahasa Arab. Keempat, mengikuti pelatihan manajemen waktu. Kelima, guru menyelingi proses pembelajaran dengan lelucon dan gerakan. Keenam, siswa diminta bernyanyi dalam bahasa Arab. Ketujuh, guru memberikan latihan untuk menghafal kosakata.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202049 MAULIDIA NUR LAILIN
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:37
Last Modified: 30 Jul 2024 08:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49116

Actions (login required)

View Item View Item