OPTIMALISASI KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PEMBIASAAN TIKRAR AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTsN 8 TULUNGAGUNG

ENY YULITASARI, 126201203338 (2024) OPTIMALISASI KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PEMBIASAAN TIKRAR AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Melalui Pembiasaan Tikrar Al-Qur’an Pada Siswa di MTsN 8 Tulungagung” ditulis oleh Eny Yulitasari, NIM 126201203338, Selaku mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci: Optimalisasi, Kecerdasan Spiritual Peran guru sangat dibutuhkan agar mampu menumbuhkan kecerdasan spiritual pada siswanya. Selain memiliki kecerdasan intelektual, siswa diharapkan memiliki kecerdasan secara spiritual, dengan inilah siswa mampu membangun diri menjadi manusia seutuhnya dengan selalu berfikir positif dengan menyikapi setiap kejadian, salah satunya yaitu dengan mengadakan pembiasaan tikrar AlQur‟an. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan spiritual melalui pembiasaan tikrar Al-Qur‟an pada siswa di MTsN 8 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan aspek kecerdasan spiritual yang dioptimalkan dalam pembiasaan tikrar Al-Qur‟an pada siswa di MTsN 8 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan spiritual melalui pembiasaan tikrar Al-Qur‟an pada siswa di MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian didapat melalui sumber primer dan sekunder, sumber primer yakni berupa observasi dan wawancara, sumber skunder berupa dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian (1) Peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan spiritual siswa di MTsN 8 Tulunagung adalah guru sebagai organisator, pembimbing, pengelola kelas, fasilitator dan motivator, (2) Aspek kecerdasan spiritual yang di optimalkan adalah aspek rohani, biologis dan sosial, (3) faktor pendukung peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan spiritual adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya kemauan diri untuk berubah menjadi lebih baik, adanya motivasi dari bapak/ibu guru serta dukungan dari orang tua, lingkungan keluarga yang berbasis muslim. Sedangkan faktor penghambat peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan spiritual adalah terdapat pada faktor intern yaitu fisiologis dan psikologis (minat dan malas), faktor lingkungan yang kurang paham akan pentingnya agama, kurangnya pemahaman tentang kecerdasan spiritual, tidak patuh sama guru dan orang tua, serta guru tidak bisa mengawasi siswa di luar lingkungan madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203338 ENY YULITASARI
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:58
Last Modified: 25 Jul 2024 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49137

Actions (login required)

View Item View Item