IRA MAYLAL AZIZAH, 126402201022 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada UD Sari Murni Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Strategi Pengembangan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Mempertahankan Eksistensi Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada UD Sari Murni Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung)" ini ditulis oleh Ira Maylal Azizah, NIM. 126402201022, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Dosen Pembimbing Dr. Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis UMKM di era modern yang semakin kompetitif namun UD Sari Murni mampu membuktikan produk-produk tradisionalnya tetap eksis hingga saat ini. UD Sari Murni mempertahankan eksistensi melalui strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion) salah satunya dengan menerapkan strategi pengembangan produk, meliputi strategi peningkatan kualitas dan fitur produk serta strategi promosi. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi peningkatan kualitas produk dalam mempertahankan eksistensi UD Sari Murni; 2) Bagaimana strategi peningkatan fitur produk dalam mempertahankan eksistensi UD Sari Murni; 3) Bagaimana strategi promosi dalam mempertahankan eksistensi UD Sari Murni; 4) Bagaimana strategi pengembangan produk dalam mempertahankan eksistensi UD Sari Murni perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan. Objek penelitian ini yaitu UD Sari Murni yang berlokasi di Dusun Cluwok, Desa Bono, Kecamatan Boyolangu. Teknik yang digunakan adalah menganalisis dengan kondensasi data yang selanjutnya data diuraikan secara terstruktur dan sistematis untuk memperoleh kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu melalui ketekunan pengamatan serta uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi peningkatan kualitas produk UD Sari Murni yaitu menambah lini produk dan ragam produk baru, menggunakan bahan baku berkualitas, dan memprioritaskan kepuasan konsumen; 2) strategi peningkatan fitur produk UD Sari Murni adalah menyediakan berbagai model tampilan dan variasi produk, mempertahankan komposisi dan resep, menjual produk dengan harga terjangkau, serta mengoptimalkan kemasan produk; 3) strategi promosi UD Sari Murni yang efektif dan efisien adalah memanfaatkan media sosial dan menjual produk melalui e-commerce; 4) UD Sari Murni mengimplementasikan etika bisnis Islam berdasarkan prinsip kenabian (nubuwwah), yaitu shiddiq, amanah, tabligh, fathanah. Kata Kunci: Eksistensi, Etika Bisnis Islam, Pengembangan Produk
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402201022 IRA MAYLAL AZIZAH |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 08:03 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49213 |
Actions (login required)
View Item |