PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENANAMKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

AMANDA DWI HARIYANTI, 126206202028 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENANAMKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Menanamkan Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia 4-5 Tahun", ini di tulis oleh Amanda Dwi Hariyanti, NIM. 126206202028, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Dr. Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Video Interaktif, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran kurikulum merdeka untuk pendidikan anak usia dini yang lebih beraneka ragam, memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih kegiatan sesuai keinginannya, pendidik juga dapat berkreasi mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Pembelajaran pendidikan anak usia dini pada kurikulum merdeka meliputi pembelajaran intrakulikuler dan projek penguatan profil pelajar pancasila. Semakin berkembangnya zaman nilai-nilai karakter pancasila sangat penting ditanamkan pada anak usia dini. Pembelajaran profil pelajar pancasila memiliki empat tema besar, lembaga dapat memilih minimal satu tema.“Aku Cinta Indonesia” merupakan tema yang sudah familiar di terapkan di lembaga. Di era 4.0 media pembelajaran merupakan solusi yang dapat digunakan dalam menanamkan profil pelajar pancasila. Media pembelajaran video interaktif merupakan media berbasis digital yang menayangkan gambar bergerak berupa animasi, mengajak anak-anak untuk mengetahui tentang apa yang akan disampaikan dengan didesain menarik agar anak-anak tidak bosan dengan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video interaktif dalam implementasi kurikulum merdeka untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada anak usia 4-5 tahun, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video interaktif dalam implementasi kurikulum merdeka untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada anak usia 4-5 tahun, 3) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis video interaktif dalam implementasi kurikulum merdeka untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada anak usia 4-5 tahun, 4) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis video interaktif dalam implementasi kurikulum merdeka untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model penelitian ADDIE meliputi: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan media pembelajaran, kemudian mendesain produk. Selanjutnya, tahap validasi produk dilakukan oleh dosen yang sesuai bidangnya yaitu ahli materi dan ahli media, sedangkan untuk mengetahui kepraktisan mengenai video interaktif juga dilakukan oleh pendidik. Selanjutnya, uji coba dilakukan sebanyak dua kali, meliputi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mulai dari, analisa kebutuhan, validitas instrumen oleh pakar ahli, dan kemudian validitas dianalisis dengan uji Gregory dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Kepraktisan dan kelayakan menggunakan skala likert, dan untuk menganalisis efektivitas menggunakan paired samples t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Pengembangan video interaktif dibuat sesuai kebutuhan lembaga dan memperhatikan materi di dalam profil pelajar pancasila, video bertema “Aku Cinta Indonesia” dengan sub tema ”Kearifan Lokal Tulungagung” 2) Kelayakan video interaktif untuk ahli materi memiliki hasil 79,6% dapat dikategorikan layak, sedangkan hasil dari ahli media sebesar 85,4% masuk dalam kategori layak 3) Kepraktisan video interaktif dari praktisi yang dilakukan oleh guru mendapatkan hasil sebesar 89% masuk dalam kategori praktis 4) Keefektivitasan video intetaktif dilakukan dengan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, hasil dari uji kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 74,3% dapat dinyatakan cukup efektif. Sedangkan hasil dari uji kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 64,2% dinyatakan cukup efektif. Sehingga video interaktif dapat digunakan dalam menanamkan profil pelajar pancasila pada anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202028 AMANDA DWI HARIYANTI
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:10
Last Modified: 31 Jul 2024 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49309

Actions (login required)

View Item View Item