PERSAINGAN USAHA MINIMARKET DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (Studi Kasus Di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

KHARISMA ROHMATUL MUFIDAH, 126101202117 (2024) PERSAINGAN USAHA MINIMARKET DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (Studi Kasus Di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kharisma Rohmatul Mufidah, NIM 126101202117, Persaingan Usaha Minimarket Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Islam dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Studi Kasus di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Budi Kolistiawan, S.Pd., M.E.I. Kata Kunci : Persaingan Usaha, Minimarket, Hukum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan usaha yang terjadi pada minimarket di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Di Desa Gendingan terdapat 6 (enam) minimarket yang telah berdiri dari beberapa tahun yang lalu, cukup banyak untuk desa yang terbilang tidak luas, hal tersebut menambah meningkatnya persaingan usaha yang semakin ketat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persaingan usaha minimarket di Desa Gendingan? 2) Bagaimana persaingan usaha minimarket di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ditinjau dari Hukum Ekonomi Islam? 3) Bagaimana persaingan usaha minimarket di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ditinjau dari UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persaingan usaha minimarket di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung 2) Untuk mengetahui persaingan usaha minimarket di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ditinjau dari Hukum Ekonomi Islam 3) Untuk mengetahui persaingan usaha minimarket di Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ditinjau UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) Minimarket Indomaret dan Alfamart memiliki strategi pasokan produk dan strategi promosi yang lebih unggul dibandingkan minimarket Queen Mart, Kampung Mart, NUsantara Mart dan Queen Jaya. 2) Minimarket Alfamart dan Indomaret dalam aktivitas perdagangannya, tidak memperhatikan persaingan usaha dan prinsip keadilan dalam hukum Islam 3) Seluruh minimarket di Desa Gendingn tidak terindikasi melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202117 KHARISMA ROHMATUL MUFIDAH
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:27
Last Modified: 30 Jul 2024 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49341

Actions (login required)

View Item View Item