MEITA FATMA AZZAHRA, 126205203189 (2024) PERAN GURU DALAM KEGIATAN “MADRASAH DINIYAH” UNTUK MENANAMKAN KARATER RELIGIUS PADA SISWA DI MI AL-HIKMAH NGORO JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (624kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meita Fatma Azzahra. 2024. Peran Guru Dalam Kegiatan “Madrasah Diniyah” Untuk Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Di Sekolah Mi Al-Hikmah Ngoro. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru MI, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd Kata kunci: Peran Guru, Madrasah Diniyah, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru yang sangat penting dalam proses kegiatan madrasah diniyah untuk mengembangkan potensi membaca Al-Quran di dunia keislaman. Madrasah Diniyah berfokus pada kegiatan agama, dimana hal tertentunya sangat berbeda dengan sekolah dasar yang mengajarkan segala hal dan tidak hanya berfokus pada agama, dalam kegiatannya madrasah diniyah mengajarkan Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Tarikh atau Sejarah kebudayaan islam dan fiqih. Tidak hanya itu, madrasah diniyah juga menanamkan karakter religius dengan mengajarkan nilai-nilai religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peran guru sebagai motivator dalam kegiatan madrasah diniyah di mi al-hikmah ngoro jombang, (2) mengetahui peran guru sebagai manajer atau leader dalam mengelola kelas di kegiatan madrasah diniyah di mi al-hikmah ngoro jombang, (3) mengetahui peran guru evaluator dalam mengembangkan potensi karakter religius siswa di kegiatan madrasah diniyah di mi al-hikmah ngoro jombang. Pendekatan penelitian kualitatif dengan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pendangan, perasaan dan perilaku individu atau sekelompok orang. Penelitian ini tentang riset deskripstif dan cenderung mengunakan analisis. Proses makna lebih menonjolkan dalam penelitian kualitatif landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian dengan fakta dilapangan. Hasil penelitian menujukan bahwa, (1) peran guru sebagai motivator dalam kegiatan madrasah diniyah di mi al-hikmah ngoro jombang dilakukan dengan memberikan siswa motivasi agar bisa membaca al-quran dan mengamalkannya dengan dorongan yang datang dari dalam diri sendiri manusia maupun yang datang dari lingkungannya. (2) peran guru sebagai manajer atau leader dalam mengelola kelas di kegiatan madrasah diniyah di mi al-hikmah ngoro jombang dilakukan pembelajaran yang kondusif dapat mengelola kelas dengan baik, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. (3) peran guru evaluator dalam mengembangkan potensi karakter religius siswa di kegiatan madrasah diniyah di mi al-hikmah ngoro jombang dilakukan untuk mengetahui apa tujuan yang telah dirumuskan itu tercapai atau belum dan apakah kegiatan madrasah diniyah ini diajarkan sudah cukup tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203189 MEITA FATMA AZZAHRA |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49374 |
Actions (login required)
View Item |