SILVI HANIATUR ROFIAH, 126205203195 (2024) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ― Analisis Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Di MIN 3 Tulungagung― yang ditulis oleh Silvi Haniatur Rofiah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen Pembimbing Ibu Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci : Variasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, yang di mana dalam kurikulum ini pembelajaran lebih menekankan mandiri, nyaman, berkarakter, bermakana, aktif, dan merdeka. Sehingga sudah waktunya guru menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Fakta menurunnya kegiatan pembelajaran yang faktor terbesarnya disebabkan oleh guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah saat pemebelajaran dan jarang menggunakan media pembelajaran. Hal ini akan menyebabkan motivasi belajar peserta didik menurun. Namun, di MIN 3 Tulungagung ditemukan bahwa di madrasah ini guru-guru melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi. Selain itu guru-guru juga menggunakan media pembelajaran yang menarik. Hal tersebut dapat dillihat dari senangnya peserta didik ketika memasuki kelas dan memulai pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan variasi pembelajaran pada kurikulum merdeka di MIN 3 Tulungagung. Fokus penelitian yang akan diteliti pada penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimana keterampilan variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran kurikulum merdeka di MIN 3 Tulungagung?, (2) Bagaimana keterampilan variasi media pembelajaran guru dalam pembelajaran kurikulum merdeka di MIN 3 Tulungagung?, (3) Bagaimana keterampilan variasi pola interaksi guru dalam pembelajaran kurikulum merdeka di MIN 3 Tulungagung? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti menjadi instrument utama. Lokasi pada penelitian ini berada di MIN 3 Tulunagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Perpanjangan Kehadiran Peneliti, Triangulasi Sumber Data dan Triangulasi Metode. Selanjutnya, tahap-tahap dalam penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian Hasil penelitian ini adalah (1) Keterampilan Variasi Gaya Mengajar Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung yang diterapkan adalah pola variasi suara, pemusatan perhatian, gerak badan dan mimik wajah, perubahan posisi, kontak pandang dan kesenyapan. Variasi gaya mengajar diterpakan dengan baik dan profesional. Guru sudah menyadari pentingnya variasi gaya mengajar dalam keberhasilan pembelajaran. (2) Keterampilan Variasi Media Pembelajaran Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung yang diterapkan guru sudah bervariasi. Guru sudah kreatif dan inovatif dalam menyusun media pembelajaran untuk mempermudahkan proses belajar mengajar. Variasi media pembelajaran yang diterapkan oleh guru meliputi media visual, audio, dan audio visual. Guru bahkan berani mencoba menggunakan media pembelajaran digital. (3) Keterampilan Variasi Pola Interaksi Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung diterapkan dengan bervariasi. Guru mencoba berbagai macam pola interaksi untuk membangun interaksi yang baik antara guru dan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik. Pola interaksi yang diterapkan guru meliputi pola interaksi satu arah dan dua arah. Guru juga membangun interaksi antara peserta didik dengan melalui beberapa cara seperti membuat kelompok. Guru juga menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk membangun interaksi yang baik antar peserta didik dan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203195 SILVI HANIATUR ROFIAH |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49497 |
Actions (login required)
View Item |