PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MARCELLIA INTAN EKA PUTRI, 126204203161 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung ini ditulis oleh Marcellia Intan Eka Putri, NIM. 126204203161, pembimbing: Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini terjadi karena siswa cenderung memahami konsep masalah yang ada hanya berpatokkan dengan contoh soal yang diberikan oleh guru. Saat ini, proses pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru. Siswa hanya mengamati, mendengar, menulis dan menghafal rumus yang dijelaskan guru tanpa memahaminya. Sehingga, dipilih model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Model pembelajaran PBI merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang autentik yang bertujuan untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction; 2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI); dan 3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction dan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen dengan model desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction berada pada kategori cukup, dengan nilai minimum 38, nilai maksimum 93, rata-rata 67,27 dan standar deviasinya 14,047; 2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction berada pada kategori baik, dengan nilai minimum 60, nilai maksimum 100, nilai rata-rata 81,82 dan standar deviasinya 10,156; dan 3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction dan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 atau 0,000<0,05 dimana rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203161 MARCELLIA INTAN EKA PUTRI
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:02
Last Modified: 31 Jul 2024 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49537

Actions (login required)

View Item View Item