ETNOMATEMATIKA PADA LAGU DAERAH JAWA TENGAH DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

NALA ALFACHRUDINAA SA'DIYAH, 1880512220005 (2024) ETNOMATEMATIKA PADA LAGU DAERAH JAWA TENGAH DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tesis dengan judul ”Etnomatematika Lagu Daerah Jawa Tengah dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika” ini ditulis oleh Nala Alfachrudinaa Sa’diyah, NIM. 1880512220005, pembimbing I Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd., dan pembimbing II Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Etnomatematika, Lagu Daerah Jawa Tengah, LKPD, Penerapan dalam Pembelajaran Matematika. Salah satu langkah yang dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna adalah memanfaatkan budaya yang ada di lingkungan siswa, yaitu lagu daerah. Selain mengandung nilai moral pada liriknya, dalam praktik memainkan lagu daerah terdapat konsep matematika. Ranah pembahasan matematika dengan budaya disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika dan mendeskripsikan penerapan etnomatematika pada lagu daerah Jawa Tengah dalam pembelajaran matematika. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD dengan memasukkan unsur lagu daerah Jawa Tengah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah mixed method dengan tipe sequential exploratory, yaitu pendekatan kualitatif jenis etnography kemudian dilanjutkan kuantitatif jenis quasi experimental. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan menggunakan bahan referensi, member check, meningkatkan ketekunan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Islamiyah yang berjumlah 80 siswa dengan menggunakan purposive sampling terpilih kelas XI B sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26.00. Hasil yang diperoleh adalah: (1) konsep etnomatematika dalam lagu daerah Jawa Tengah, meliputi: aktivitas counting, locating, measuring, designing, explaining, dan playing, pada lagu Gundul-gundul Pacul, Cublak-cublak Suweng dan Lir-ilir (2) penerapan etnomatematika pada lagu daerah Jawa Tengah dalam pembelajaran matematika yaitu transformasi geometri berupa translasi, (3) terdapat pengaruh penggunaan LKPD dengan memasukkan unsur lagu daerah Jawa Tengah dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil independent t-test yaitu nilai sig. 0,010<0,05 sehingga kriteria H0 ditolak.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220005 NALA ALFACHRUDINAA SA'DIYAH
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:42
Last Modified: 07 Aug 2024 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49572

Actions (login required)

View Item View Item