Ana Zatul Alya, 126207203108 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANGUN SELF-IMAGE PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skrisi dengan judul “Strategi Komunikasi Guru dalam Membangun Self Image Peserta Didik di SMPN 1 Kalidawir” di tulis oleh Ana Zatul Alya NIM 126207203108, Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. NIP. 198904292020121008 Kata Kunci: Self Image, Strategi Komunikasi Guru. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kasus perundungan yang terjadi di SMP Cilacap. Hal ini semula berawal dari tidak terimanya pelaku ketika korban bergabung pada kelompok sekolah lain. Sehingga dalam hal ini peneliti akan membahas terkait strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didi, suapaya terwujudnya self image peserta didik yang positif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknis keabsahan data meliputi uji kreadibilitas, pengujian transferability, pengujian depenability, dan uji konfirmability. Tahap-tahap peneliti meliputi, tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penyelesaian. Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana perencanaan strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir? (3) Bagaimana evaluasi strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir? (4) Bagaimana hasil strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir? Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perencanaan stratgei komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir dengan diawali Menyusun tata tertib oleh kepala sekolah dan waka kesiswaan, Menyusun RPP, serta melibatkan semua elemen sekolah dalam perencanaan kegiatan siswa. (2) Pelaksanaan strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir yakni dimulai dari Langkah 3S (Senyum, Salim, Sapa), adanya komunikasi pendekatan antara guru dan peserta didik, memberikan pengarahan serta bimbingan kepada peserta didik, pembinaan prestasi baik akademik maupun non-akademik, menanamkan siap berani dan percaya diri epada peserta didik, mengajak peserta didik berpandangan luas, kegiatan keagamaan dan ekstrakuliler. (3) Evaluasi strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik di SMPN 1 Kalidawir dilakukan dengan cara pembinaan kepada setiap guru, memberikan reward and punishment, dan menindaklanjuti hasil kegiatan membangun self image peserta didik. (4) Hasil strategi komunikasi guru dalam membangun self image peserta didik, yaitu siswa dapat membangun hubungan sosial yang sehat, meningkatkan partisipasi siswa terhadap sekola, serta mengelola perilaku siswa dalam mengekspresikan emosi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203108 ANA ZATUL ALYA |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:56 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49629 |
Actions (login required)
View Item |