ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM ETIKA BISNIS ISLAM DI SWALAYAN TOSERBA AMANAH KECAMATAN BANDUNG,KABUPATEN TULUNGAGUNG

VINDY HAPSARI, 126402202167 (2024) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM ETIKA BISNIS ISLAM DI SWALAYAN TOSERBA AMANAH KECAMATAN BANDUNG,KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan dalam Etika Bisnis Islam di Swalayan Toserba Amanah Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Vindy Hapsari, NIM. 126402202167, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Pembimbing Dr. Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya jumlah swalayan yang ada di Indonesia, maka dapat terjadi persaingan bisnis yang ketat di dalam usaha swalayan untuk mendapatkan konsumen tetap. Hal tersebut menjadikan para pengusaha harus lebih memperhatikan kualitas pelayananya. Karena pada dasarnya kualitas pelayanan memiliki peran penting bagi swalayan. Dengan menggunakan kualitas pelayanan dalam etika bisnis islam swalayan mampu berjalan dengan optimal dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini terfokus pada (1) Bagaimana penerapan kualitas pelayanan di Swalayan Toserba Amanah Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan dalam etika bisnis islam di Swalayan Toserba Amanah Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung ?. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan penerapan kualitas pelayanan di Swalayan Toserba Amanah Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi peningkatan pelayanan dalam etika bisnis islam di Swalayan Toserba Amanah Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Swalayan Toserba Amanah dilihat melalui dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati sudah sesuai dengan sasaran kualitas pelayanan, yaitu masyarakat merasa puas berbelanja di Swalayan Toserba Amanah. Sedangkan peningkatan kualitas pelayanan dalam etika bisnis islam juga telah diterapkan dengan baik dengan selalu mengutamakan prinsip-prinsip etika bisnis islam untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, melalui prinsip tauhid, prinsip keseimbangan dan keadilan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebajikan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202167 VINDY HAPSARI
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:50
Last Modified: 01 Aug 2024 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49743

Actions (login required)

View Item View Item