EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DI MUSEUM AIRLANGGA KOTA KEDIRI DAN PENGIMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

DINDA ANJARWATI, 126204201029 (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DI MUSEUM AIRLANGGA KOTA KEDIRI DAN PENGIMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu pendekatan penelitian yang mempelajari mengenai budaya matematika yang meliputi sejarah dan filosofi keberadaan konsep matematika tertentu serta implementasinya terhadap pembelajaran matematika. Museum adalah tempat yang digunakan untuk melestarikan atau menyimpan koleksi tentang kebudayaan yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai bentuk kebudayaan kepada pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur matematika khususnya geometri pada koleksi-koleksi yang terdapat pada gedung satu dan gedung dua di Museum Airlangga Kota Kediri. Selain itu penulis juga memaparkan mengenai implementasi dari unsur matematika yang didapatkan sebelumnya ke dalam pembelajaran matematika tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observaasi dilakukan di Museum Airlangga Airlangga Kota Kediri. Wawancara dilakukan dengan staff Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga (Disbudparpora), petugas gedung 1 dan petugas gedung 2 Museum Airlangga Kota Kediri. Dan dokumentasi dilakukan pada koleksi-koleksi yang terdapat di Museum Airlangga Kota Kediri. Dalam menganalisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur-unsur geometri pada Museum Airlangga Kota Kediri yaitu adanya bangun datar dua dimensi dan bangun ruang tiga dimensi pada koleksi-koleksi Museum Airlangga Kota Kediri yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran matematika. Unsur geometri yang diperoleh dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika juga beragam mulai dari persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga, lingkaran, kubus, balok, tabung, dan kerucut terpancung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201029 DINDA ANJARWATI
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:48
Last Modified: 06 Aug 2024 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49744

Actions (login required)

View Item View Item