MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI- NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMAAH PADA SISWA DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR

KHARIR AFIFATUN NADHIROH, 126207203093 (2024) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI- NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMAAH PADA SISWA DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (857kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kharir Afifatun Nadhiroh NIM. 126207203093 Tahun 2024 “ Manajemen Kepala Madrasah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jamaah Pada Siswa Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir” Skripsi Manjemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan pembimbing Bapak Dr. Drs. H. Imam Saerozi, M.H.I. Kata kunci: Manajemen, Kepala Madrsah, Penelitian ini bermula pada keunikan dari MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir yang sangat kental pada nilai-nilai ahlussunah wal jamaah, Keunikan ini mencerminkan keteguhan sekolah dalam mengikuti ajaran dan tradisi Islam sesuai dengan pandangan ahlussunah wal jamaah. Di latar belakangi oleh hal tersebut peneliti tertarik untuk mendalami dan menggali lebih dalam serta memahami lebih lanjut aspek manajemen yang dijalankan oleh kepala madrasah MTs Aswaja. Dengan mengacu pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan pentingnya peran manajemen kepala madrasah dalam keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kepala madrasah dalam penanaman nilai-nilai ahlussunah wal jamaah. Dengan harapan penelitian ini dapat memberikan strategi baru dalam menyusun strategi dan perbaikan tindakan yang lebih efektif untuk penanaman nilai-nilai ahlussunah wal jamaah. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini (1)Bagaimana Perencanaan Manajemen Kepala Madrasah Dalam Penanaman Nilai- Nilai Ahlusunnah Wal Jamaah Pada Siswa Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir? (2)Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kepala Madrasah Dalam Penanaman Nilai- Nilai Ahlusunnah Wal Jamaah Pada Siswa Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir? Bagaimana Evaluasi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Penanaman Nilai- Nilai Ahlusunnah Wal Jamaah Pada Siswa Di MTs Aswaja Tunsggangri Kalidawir?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan saat pelaksanaan kegiatan di lapangan. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara mendalam dengan kepala madrasah mengenai Manajemen Kepala Madrasah Dalam Penanaman Nilai- Nilai Ahlussunah Wal Jamaah pada siswa Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Sementara itu, dokumen dan penelitian ini berupa informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan manajemen kepala madrasah dalam penanaman nilai-nilai ahlussunah wal jamaah. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang manajemen kepala madrasah dalam penanaman nilai-nilai ahlussunah wal jamaah pada siswa di MTs Aswaja tunggangri kalidawir. Manajemen kepala madrsah tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Dalam perencanaan penanaman nilai-nilai ahlussunah wal jamaah ini terdapat beberapa langkah seperti merumuskan visi misi madrasah, menentukan komponen, Merencanakan kegiatan Madrasah, Mengorganisasikan kegiatan madrasah, sistem administrasi, dan anggaran dana. Kemudian dalam pelaksanaannya juga ada beberapa langksh seperti Pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan, pengarahan dan penugasan, motivasi, dan monitoring pelaksanaan. Kemudian evaluasi dilakukan dengan membahas laporan kegiatan untuk menilai kesesuaian dengan rencana, mengidentifikasi kendala, dan merencanakan langkah-langkah perbaikan. Dari semua proses manajemen kepala madrasah ini dibantu oleh semua dewan guru, staf dan komite sehingga dalam penanaman nilai-nilai ahlussunah wal jamaah dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203093 KHARIR AFIFATUN NADHIROH
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:01
Last Modified: 01 Aug 2024 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49779

Actions (login required)

View Item View Item