atik sulistiani, 2814133021 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN POWER POINT (PPT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (899kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (175kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (519kB) |
||
|
Text
BAB 2.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Powerpoint (PPT) Pada Pembelajaran Matematika Materi Fungsi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Atik Sulistiani dibimbing oleh Dr. Muniri, M. Pd Kata kunci: Powerpoint (PPT), hasil belajar, fungsi Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak menurut kebanyakan orang, namun teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Sehingga mengubah asumsi bahwa matematika bersifat abstrak menjadi bersifat logis. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan media powerpoint (PPT) sebagai media pembelajaran yang mampu membuat siswa mewujudkan tujuan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan powerpoint (PPT) terhadap hasil belajar siswa, dan (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan powerpoint (PPT) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan powerpoint (PPT) dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi fungsi. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait data sekolah, data guru, dan data siswa. Sedangkan metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan powerpoint (PPT terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,329 > 1,994 dan Sig. (2-tailed) = 0.023 < 0.05, dan (2) besar pengaruh penggunaan powerpoint (PPT) terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 1.14, dan di dalam tabel interpretasi cohen’s adalah 86%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan powerpoint (PPT) terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133021 2814133021 |
Date Deposited: | 04 May 2017 07:16 |
Last Modified: | 04 May 2017 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4990 |
Actions (login required)
View Item |