PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

NURIL AMRI ISNAIN AZIZAH, 126204202117 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Azizah, Nuril. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Animate untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Teorema Pythagoras di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Animate, Motivasi Belajar, Teorema Pythagoras Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi adobe animate ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik. Hal ini terjadi karena rasa malas belajar yang tinggi, pembelajaran kurang menarik, dan tidak ada variasi media pembelajaran. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan angket prapenelitian. Melalui pengembangan media pembelajaran berbasis adobe animate diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar materi teorema pythagoras. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi adobe animate untuk meningkatkan motivasi belajar materi teorema pythagoras kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. 2) Mengetahui validitas, kepraktisan, efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi adobe animate untuk meningkatkan motivasi belajar materi teorema pythagoras kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Desain eksperimen yang digunakan dalam pengujian media pembelajaran menggunakan pretest-posttest control group. Subyek penelitian terdiri dari 30 peserta didik dari kelas VIII-A dan 30 peserta didik dari kelas VIII-B MTs Darussalam Kademangan Blitar. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan presentase validitas, kepraktisan, dan efektivitas uji mann-whitney. Hasil dari penelitian pengembangan ini diperoleh 1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi adobe animate melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) media pembelajaran berbasis aplikasi adobe animate yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil uji validitas sebesar 96% sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket respons peserta didik sebesar 94% sangat praktis. Sedangkan uji efektivitas dengan uji mann-whitney pembelajaran menggunakan media adobe animate dengan peringkat rata-rata 35.95 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran tanpa media dengan peringkat rata-rata 25.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202117 NURIL AMRI ISNAIN AZIZAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:24
Last Modified: 09 Aug 2024 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49915

Actions (login required)

View Item View Item