PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

MIFTAKHUL ROHMAH, 126204201002 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rohmah, Miftakhul. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Diskursus Multi Representasi (DMR) dan Representasi Matematis Kemampuan representasi digunakan untuk membantu siswa dalam berfikir matematis dan mengkomunikasikan ide-idenya. Pembelajaran matematika yang pasif juga kemungkinan besar membuat kegagalan pada siswa, karena guru hanya memberikan materi-materi untuk membangun pengetahuan siswa tanpa membuatnya terlibat secara aktif dalam pembelajaran yang membuat kejenuhan dalam belajar. Model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif, karena dengan model pembelajaran ini siswa dapat menyampaikan pendapat dalam kelompok yang sudah disusun, dan membuat proses pembelajaran menjadi tidak tegang. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, dan (2) mengetahui besar pengaruh pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimenl. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 351 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test, diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003. 2) Besar pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap kemampuan representasi siswa kelas VII pada materi bilangan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari nilai effect size Cohen’s d sebesar 0,51.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201002 MIFTAKHUL ROHMAH
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:18
Last Modified: 02 Aug 2024 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49930

Actions (login required)

View Item View Item