PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MI

VINA NOPITASARI, 126205203215 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI MI” ini ditulis oleh Vina Nopitasari, NIM 126205203215, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamtullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci : Media Komik Digital, Hasil Belajar, IPA. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan media komik digital untuk meningkatkan hasil belajar pada IPA kelas VI MI dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan media yang diterapkan pada mata pelajaran IPA materi perkembangbiakan generatif hewan, Sehingga perlu evaluasi dan inovasi dalam mengajar IPA agar tidak monoton. Pemakaian media komik digital pada proses belajar mengajar dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik, karena akses yang dapat dilakukan secara fleksibel kapan saja dan dimana saja penting untuk mendorong siswa kelas VI agar memiliki motivasi tinggi terhadap kegiatan membaca. Penggunaan media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kelas VI. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan media, 2) Mendeskripsikan desain media komik digital dalam pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan generatif hewan untuk kelas VI di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir,3) Mendeskripsikan pengembangan media komik digital dalam pembelajaran IPA materi perkembangbiakan generatif hewan untuk kelas VI di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir, 4) Mendeskripsikan pengimplementasian media komik digital dalam pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan generatif hewan untuk kelas VI MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir, 5) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi yang terjadi selama proses pengembangan media komik digital dalam pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan generatif hewan kelas VI di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1) Anaysis (analisis), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (impelentasi), 5) Evaluation (evaluasi). Hasil pengembangan ini berupa media komik digital untuk meningkatkan hasil belajar pada IPA kelas VI MI.Sampel uji coba penelitian ini merupakan siswa kelas VI MI AL Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu nilai angket validasi data, angket respon siswa, dan hasil pretest-postest siswa serta data kualitatif yaitu kritik, saran, masukan dari ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran dan respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1) penilaian media oleh ahli validasi dosen, peserta didik, dan hasil belajar, yakni ahli materi, 88% (Valid) ahli bahasa 93% (Valid), ahli media 96% (Valid), hasil uji coba kelompok kecil peserta didik mendapatkan presentase 89% (Sangat Efektif), dan pada hasil uji coba kelompok besar 85% (sangat efektif). 2) Media komik digital dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan uji keefektifan menggunakan hasil pre test dan post test didapatkan nilai rata rata pre test 73,93 dan nilai rata-rata post test sebesar 85,2 dengan nilai selisih sebesar 11. Berdasarkan uji paired T-Test diperoleh nilai signifakasi kurang dari 0,005 atau hasil yang diperoleh 0,000<0,05 sehingga menunjukkan bahwa media komik digital efektif sebagai media pembelajaran untuk materi perkembangbiakan generatif hewan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203215 VINA NOPITASARI
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:21
Last Modified: 02 Aug 2024 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49933

Actions (login required)

View Item View Item