PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD ISLAM BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

BILYNA SALMA, 128505203005 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD ISLAM BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tesis Dengan Judul “Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPAS Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung” ini ditulis oleh Bilyna Salma, NIM. 128505203005 dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, M.Pd dan Prof. Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd.. Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Berbasis PBL, Hasil Belajar Peserta Didik, IPAS Pengembangan E-Modul ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan bahwa bahan ajar dan media pembelajaran yang ada di sekolah masih konvensional belum digital, sehingga minat belajar peserta didik rendah karena sumber belajar bersifat monoton sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan terutama pada pembiasaan materi berbasis Problem Based Learning pada kurikulum Merdeka saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) Bagaimana desain pengembangan e-modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi e-modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung? (3) Bagaimana efektivitas e-modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung?. Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahap utama, antara lain: Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil (1) E-modul adalah bahan ajar elektronik bersifat interaktif yang didesain menggunakan aplikasi canva yang diconvert pada link simplebooklet.com ini dapat meningkatkan daya tarik belajar peserta didik dalam pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS Kelas 5 (2) Produk E-Modul yang dihasilkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS Kelas 5 (3) Hasil validasi produk oleh 3 ahli media rata-rata sebesar 94,1%. Uji validasi dari ahli materi diperoleh penilaian dari 3 validator rata-rata sebesar 95,6%. Berdasarkan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig (two-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan nilai sig (two-tailed) < sig level (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203005 BILYNA SALMA
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:02
Last Modified: 28 Aug 2024 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49984

Actions (login required)

View Item View Item