PENGEMBANGAN BUKU AJAR DIGITAL BERBASIS BOOK CREATOR PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT JAMAK DAN QASAR KELAS 3 DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LU'LUIL MAKNUN, 126205201064 (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR DIGITAL BERBASIS BOOK CREATOR PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT JAMAK DAN QASAR KELAS 3 DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Maknun, Lu’luil.2024 “Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Book Creator Pada Pembelajaran Fikih Materi Shalat Jamak dan Qasar Kelas 3 di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi: Dr. H Khoirul Anam, M. Pd.I. Kata kunci: Buku ajar digital, Book Creator, Pembelajaran Fikih, Research and Development (R&D) Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan media pembelajaran Book Creator kelas 3 di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Media berperan penting pada proses kegiatan belajar mengajar, sebagai alat perantara dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada Kelas 3 di MI Miftahul Huda Banjarejo media yang digunakan pada proses pembelajaran berupa buku LKS, beberapa peserta didik cenderung merasa bosan dan kurang memperhatikan apa yang dijelaskan pendidik. Maka dibutuhkan solusi yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menyediakan media pembelajaran tambahan sebagai alat baru yang dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar digital yang berbasis aplikasi Book Creator untuk pembelajaran fikih dengan fokus pada materi sholat jamak dan qasr. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang melibatkan beberapa tahap: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi oleh ahli, uji coba terbatas, dan revisi produk. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar digital ini efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang sholat jamak dan qasr. Uji validitas oleh para ahli pendidikan dan fikih menunjukkan bahwa produk ini memiliki tingkat validitas yang tinggi dari segi konten dan media. Selain itu, uji coba terbatas yang dilakukan di salah satu sekolah dasar menunjukkan ada pengaruh terhadap kelayakan menggunakan Book Creator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penelitian media ahli validasi dan peserta didik, yakni ahli media I 87,0% (sangat layak), ahli media II 75,0% (layak), ahli materi 81,0% (sangat layak), hasil kelayakan kelas eksperimen 3B 75,176% (layak), hasil kelayakan kelas control 3A 75,87% (layak). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa media yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201064 LU'LUIL MAKNUN
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:11
Last Modified: 02 Aug 2024 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50000

Actions (login required)

View Item View Item