IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KREASI DIGITAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

ARIZA ROSA SELVINA, 126201203223 (2024) IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KREASI DIGITAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kompetensi Kreasi Digital Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Ariza Rosa Selvina, NIM. 126201203223, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung dibimbing oleh Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Metode Project Based Learning, Kompetensi Kreasi Digital Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode project based learning dalam Pendidikan Agama Islam untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan memecahkan masalah dalam penugasan proyek. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menciptakan peserta didik yang berkualitas dan mampu menghadapi perkembangan zaman, maka kebutuhan pembaharuan dalam metode merupakan keniscayaan. Pembelajaran digital memerlukan kesiapan pembelajar dan pengajar untuk berkomunikasi secara interaktif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, seperti computer/laptop dengan internet, smartphone dan lainnya. Sehingga peserta didik dapat membangun pemikirannya dan dapat meningkatkan keaktifan dalam belajar. Salah satunya yaitu Implementasi Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kompetensi Kreasi Digital Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek berupa proyek membuat video materi tentang ketentuan pernikahan dalam Islam, diantaranya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan metode project based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kompetensi kreasi digital peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode project based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kompetensi kreasi digital peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek (3) Mendeskripsikan evaluasi metode project based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kompetensi kreasi digital peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksud dari pendekatan tersebut yaitu data yang dikumpulkan tidak berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perencanakaan metode project based learning yaitu menentukan Perencanaan metode project based learning yaitu menentukan materi yang akan digunakan untuk pembutann proyek, kemudian dipetakan menjadi bentuk pemetaan kompetensi dasar. (2) pelaksanaan atau proses pembelajaran PAI, pendidik melakukan beberapa langkah, yaitu, menentukan pertanyaan, membuat desain proyek, menjadwalan, melihat kemajuan proyek, pengujian hasil proyek, dan evaluasi. (3) evaluasi metode project based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek yaitu menggunakan tes tulis berupa mengerjakan soal yang ada buku modul pada bab materi ketentuan pernikahan dalam Islam. Dalam buku modul terdapat jenis soal essay dan pilihan ganda. Metode project based learning merupakan metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk belajar secara kolaborasi untuk memecahkan masalah sehingga dapat mengkontruksi inti pelajaran dari temuan-temuan dalam tugas atau proyek yang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203223 ARIZA ROSA SELVINA
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:01
Last Modified: 12 Aug 2024 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50027

Actions (login required)

View Item View Item