DENIS NURANISA IKHSANI, 126209202064 (2024) DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kegiatan ini di latar belakangi oleh hasil observasi di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung, yang mengungkapkan bahwa siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Situasi ini disebabkan oleh banyaknya siswa yang berasal dari keluarga broken home. Ketidakharmonisan dalam keluarga, seperti perceraian atau sering terjadi konflik, menyebabkan kurangnya bimbingan dan dukungan dari orang tua. Akibatnya, siswa tidak mendapatkan motivasi dan arahan yang memadai untuk belajar dengan baik. Ketidakstabilan emosional dan kurangnya perhatian dari orang tua membuat siswa merasa tidak termotivasi dan kurang percaya diri dalam menjalani kegiatan akademik. Pada Kegiatan penulisan skripsi ini peneliti memiliki beberapa rumusan masalah yakni : (1) Bagaimana Pengaruh Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung?. Selanjutnya kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan korelasional sebagai jenis penelitian serta metode penelitian kuantitatif sebagai kerangka dasar untuk mengidentifikasi dan mengukur dampak keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Metode kuantitatif memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data secara sistematis, menerapkan analisis statistik, dan menyajikan temuan dengan cara yang objektif dan terukur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 siswa dan sampel berjumlah 43 siswa yang terdiri dari kelas VII-IX. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP Negeri 2 Tulungagung, terdapat pengaruh signifikan antara kondisi keluarga broken home dan motivasi belajar siswa. Uji korelasi dengan Product Moment menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.008<0.05, mengindikasikan hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Selain itu, hasil dari Regresi Linier Sederhana juga menunjukkan nilai signifikansi 0.008, sesuai dengan pedoman bahwa nilai signifikansi di bawah 0.05 menandakan adanya pengaruh signifikan. Dengan demikian, hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti keluarga broken home memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202064 DENIS NURANISA IKHSANI |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:31 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50063 |
Actions (login required)
View Item |