PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Sequential Explanatory Mixed Method di Mts Negeri Se-Kota Kediri)

ANTIQ KUSTHON TINIYYAH, 1880501220055 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Sequential Explanatory Mixed Method di Mts Negeri Se-Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Motivasi Kerja, dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru (Studi Sequential Explanatory Mixed Method di MTs Negeri Se-Kota Kediri” ini ditulis oleh Antiq Kusthon Tiniyyah dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Teknologi Informasi, Motivasi kerja, Budaya Kerja, Kinerja Guru, MTs Negeri Kota Kediri. Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri sudah baik, akan tetapi masih ditemukan Guru yang belum menjalankan tugas dengan maksimal, yaitu dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kinerja Guru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Pemanfaatan Teknologi Informasi yang diterapkan dalam dunia Pendidikan untuk mendukung kinerja Guru, motivasi kerja yang menjadi dorongan Guru dalam melakukan pekerjaannya, budaya kerja yaitu nilai-nilai yang berkembang di suatu organiasasi yang mengarahkan perilaku Guru dalam bekerja. Masalah dalam penelitian ini adalah seberapa baik kondisi Pemanfaatan Teknologi Informasi, motivasi, Budaya Kerja, dan Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, apakah ada pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, apakah ada pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, apakah ada pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, apakah ada pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Motivasi Kerja, Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, bagaimana Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam meningkatkan Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, bagaimana penguatan Motivasi Kerja dalam meningkatkan Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri, serta bagaimana Budaya Kerja dalam meningkatkan Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri. Jenis pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Sequential explanatori Mixed Method.Rancangan penelitian yang digunakan pada kuantitatif adalah regresi linear berganda. Populasinya berjumlah 197 Guru dengan sampel 127 Guru. Pada tahap penelitian kualitatif, beberapa metode pengumpulan data yang penulis gunakan diantaranya sebagai berikut Metode Observasi (Pengamatan Langsung), Metode Dokumentasi, Wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah 3 Kepala Madrasah, 9 Guru, dan 6 Siswa MTs Negeri Se-Kota Kediri. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini dilakukan melalui 3 cara sesuai dengan Teori Miles, Huberman, dan Saldana, diantaranya : (1) kondensasi data, (2) Display data, dan (3) penarikan kesimpulan /verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari 4 tahapan, diantaranya Credibility (vailidtas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (realibilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan Teknologi Informasi Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri tergolong baik, Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi, Budaya kerja telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh Guru di MTs Negeri Se-Kota Kediri, Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri adalah sangat baik. 2) Pemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri; 3) Motivasi Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri; 4) Budaya Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri;5) Pemanfaatan Teknologi Informasi, Motivasi Kerja, dan Budaya kerja secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinera Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri.6) Pemanfaatan Teknologi untuk meningkatkan kinerja Guru MTS Negeri Se-Kota Kediri diantaranya penggunaan e-kinerja, hubungan masyarakat, sumber belajar, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, laporan hasil pembelajaran. 7) Motivasi Kerja dalam meningkatkan Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri adalah terpenuhinya kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri Guru. 8) Budaya Kerja meningkatkan Kinerja Guru MTs Negeri Se-Kota Kediri diantaranya dilaksanakannya 5 Budaya Kerja Kementerian Agama diterapkan yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab, dan Keteladanan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220055 ANTIQ KUSTHON TINIYYAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:08
Last Modified: 13 Aug 2024 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50126

Actions (login required)

View Item View Item