PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI STOIKIOMETRI

ITA SEPTIANA FAUZIAH, 126212202061 (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI STOIKIOMETRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI SMA pada Materi Stoikiometri” ini ditulis oleh Ita Septiana Fauziah, NIM. 126212202061, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M. Pd. Kata Kunci: Instrumen Soal, Numerasi, Stoikiometri Hasil PISA tahun 2022 melaporkan tingkat kemampuan numerasi siswa Indonesia mengalami peningkatan. Namun, masih di bawah rata-rata global dan tetap perlu upaya untuk terus ditingkatkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung menunjukkan bahwa salah satu materi yang dianggap sulit adalah stoikiometri. Selain itu, belum adanya instrumen soal numerasi pada materi stoikiometri. Di sisi lain, belum banyak penelitian yang mengembangkan instrumen soal untuk siswa SMA khususnya pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen kemampuan numerasi siswa kelas XI pada materi stoikiometri; (2) mengetahui tingkat kelayakan instrumen kemampuan numerasi siswa kelas XI SMA pada materi stoikiometri; (3) mengetahui tingkat kemampuan numerasi siswa kelas XI SMA pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan lembar instrumen soal. Instrumen soal dilakukan validasi isi untuk mengetahui tingkat kelayakan setiap butir soal. Uji empiris dilakukan untuk mendeskripsikan keterbacaan soal, tingkat kesukaran, daya beda soal, serta menentukan reliabilitas dan validitas empiris. Uji profil kemampuan numerasi siswa digunakan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan numerasi siswa. Data yang diperoleh dilakukan analisis dengan metode kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian dan pengembangan instrumen kemampuan numerasi pada materi stoikiometri menggunakan model 3D, yaitu: (a) define, dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis numerasi; (b) design, dilakukan penetapan bentuk instrumen, penyusunan indikator soal, penyusunan kisi-kisi, dan perancangan instrumen; (c) develop, dilakukan validasi, uji empiris, dan uji profil kemampuan numerasi; (2) instrumen yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan kriteria sangat layak sebesar 90,88%; angket respon keterbacaan soal sebesar 76,35% dengan kriteria tinggi; uji empiris pada tingkat kesukaran soal diperoleh 1 soal kriteria mudah, 7 soal kriteria sedang, dan 7 soal kriteria sukar; pada daya beda soal diperoleh 5 soal kriteria cukup, 8 soal kriteria jelek, dan 2 soal kriteria jelek sekali; hasil analisis menggunakan program SPSS16 terdapat 9 soal valid dan 6 soal tidak valid, reliabilitas sebesar 0,528 dengan kriteria cukup; (3) ketercapaian kemampuan numerasi siswa diperoleh 26,31% dengan kriteria sangat baik sebanyak 10 siswa, sebesar 44,73% dengan kriteria baik sebanyak 17 siswa, sebesar 26,31% dengan kriteria cukup sebanyak 10 siswa, dan sebesar 2,63% dengan kriteria kurang sebanyak 1 siswa sehingga diperoleh rata-rata 63,98 dengan kriteria baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202061 ITA SEPTIANA FAUZIAH
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:38
Last Modified: 06 Aug 2024 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50183

Actions (login required)

View Item View Item