MANAJEMEN PEMASARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK di ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 ( Studi Multi kasus di MAN 1 PATI dan SMK AL Falah Winong, Pati, Jawa Tengah )

Dewi Luthfiana Zunairoh, 1880501220059 (2024) MANAJEMEN PEMASARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK di ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 ( Studi Multi kasus di MAN 1 PATI dan SMK AL Falah Winong, Pati, Jawa Tengah ). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Pemasaran Holistik dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus di MAN 1 Pati dan SMK AL Falah Winong, Pati Jawa Tengah)” ini ditulis oleh Dewi Luthfiana Zunairoh dengan Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag dan Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran Holistik, Relationship marketing, integrated marketing, internal marketing, performance marketing, minat peserta didik Penerapan manajemen pemasaran holistik dalam dunia pendidikan pada era revolusi industri 4.0 menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan minat peserta didik. Era Revolusi industri 4.0 menghantarkan lembaga pendidikan islam untuk selalu berbenah dalam meningkatkan kualitasnya supaya tetap eksis dan diminati. Grand Theory dalam penelitian ini ialah mengenai manajemen pemasaran holistik Philip Kotler dan Kevin Lane Keller . Menurut Kotler, pemasaran pada umumnya dipandang sebagai tugas untuk menciptakan, memperkenalkan, dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen dan perusahaan. Empat komponen yang mencirikan pemasaran holistik yaitu : relationship marketing, integrated marketing, internal marketing dan performance marketing. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut, tentang bagaimana proses manajemen pemasaran holistik yang diterapkan di lembaga pendidikan islam sebagai upaya meningkatkan minat peserta didik. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimana relationship marketing dalam meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan di MAN 1 PATI dan SMK Al Falah Winong, Pati, Jawa Tengah ?; (2).Bagaimana integrated marketing dalam meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan di MAN 1 PATI dan SMK Al Falah Winong, Pati, Jawa Tengah ?; (3).Bagaimana internal marketing dalam meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan di MAN 1 PATI dan SMK Al Falah Winong, Pati, Jawa Tengah ?; (4).Bagaimana performance marketing dalam meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan di MAN 1 PATI dan SMK Al Falah Winong, Pati, Jawa Tengah ? Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu , MAN 1 Pati dan SMK AL Falah Winong, Pati Jawa Tengah, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen pemasaran holistik dalam meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif jenis penelitian multi kasus. Penelitian kualitatif multi kasus melibatkan pemeriksaan lebih dari satu kasus untuk membandingkan pola, kesamaan dan perbedaan antar kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan cara snowball sampling dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, dan setelah selesai dilapangan dengan teknik analisa data tunggal dan analisa data multi kasus, dianalisis secara induktif konseptual dan dibuat penjelasan naratif yang tersusun menjadi proposisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran holistik dilaksanakan dengan menjalankan empat komponen pemasaran holistik sebagai berikut :1.Relationship Marketing dengan membangun relasi kerjasama sebagai berikut: a).Relasi Kerjasama antara Kepala Sekolah dengan seluruh stake holder lembaga pendidikannya; b).Relasi Kerjasama antar Lembaga Pendidikan yang ada di tingkat atasnya ( Perguruan tinggi ) dan di tingkat bawahnya (SMP/MTs); c).Relasi Kerjasama dengan Lembaga pemerintahan, swasta dan masyarakat; d).Relasi Kerjasama dengan mitra usaha dan industri. 2.Integrated Marketing dengan keterpaduan bauran pemasaran 7P: a).Product; b).Price; c).Place; d).Promotion; e).People; f).Process; g).Physical Evidence. 3.Internal Marketing dengan memperbaiki mutu layanan internal melalui: a).Komitmen peningkatan kompetensi; b).Budaya kerja professional; c).Motivasi kerja dan apresiasi . 4.Performance Marketing yang memfokuskan kinerja pemasaran tim PPDB yaitu: a).Penetapan Tujuan yang Jelas; b).Identifikasi Target Audience; c).Penggunaan Platform Digital; d).Penyusunan Program Kegiatan PPDB; e).Pelaksanann Kegiatan PPDB; f).Evaluasi kinerja Tim PPDB. Penelitian ini memberikan kontribusi langkah kongkrit pada penerapan manajemen pemasaran holistik dalam meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0, mendukung teori manajemen pemasaran holistik yang diterapkan dalam lembaga Pendidikan islam dan menunjukkan bahwa teori pemasaran holistik dapat meningkatkan minat peserta didik di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini mengintegrasikan teori pemasaran bisnis Philip Kotler dan Kevin Lane Killer dengan pendidikan, menunjukkan bahwa pendekatan interdisipliner dapat menghasilkan wawasan yang lebih holistik mengenai menejemen pemasaran yang dapat meningkatkan daya tarik terhadap lembaga Pendidikan, sehingga Lembaga pendidikan islam dapat mengadopsi, mengembangkan konten yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik lembaga pendidikannya, serta dapat dijadikan pertimbangan untuk reverensi dalam melakukan pemasaran lembaga pendidikan islam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220059 DEWI LUTHFIANA ZUNAIROH
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:18
Last Modified: 09 Aug 2024 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50194

Actions (login required)

View Item View Item