STUDI MA'ANIL HADIS TENTANG FENOMENA TREND FASHION TASYABBUH DALAM KITAB TAYSIRU AL-'ALAM SYARH 'UMDAT AL-AHKAM KARYA 'ABDULLAH BIN 'ABDURRAHMAN AL-BASSAM (W.2002 M)

SYAIDAH PURNAMASARI, 126312201004 (2024) STUDI MA'ANIL HADIS TENTANG FENOMENA TREND FASHION TASYABBUH DALAM KITAB TAYSIRU AL-'ALAM SYARH 'UMDAT AL-AHKAM KARYA 'ABDULLAH BIN 'ABDURRAHMAN AL-BASSAM (W.2002 M). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Studi Ma’anil HadisTerhadap Fenomena Trend Fashion Tasyabbuh Dalam Kitab Taysi>ru al-'Ala>m Syarh ‘Umdat Al-Ahka>m Karya ‘Abdullah Bin ‘Abdurrahman Al Bassa>m (w. 2002 M)” ini ditulis oleh Syaidah Purnamasari dengan dosen pembimbing skripsi Dr. Ubaidillah, M.Hum. Kata kunci: Ma’anil, Trend Fashion, Tasyabbuh, Al-Luwayhiq berpendapat jika tasyabbuh adalah meniru seseorang dengan sengaja yang berkenaan dengan segala sifat dan sebagainya itu tidak boleh, namun jika tasyabbuh antara laki-laki dan perempuan tersebut karena tidak ada niat atau memang sudah dari tabiatnya. Tasyabbuh menurut Buya Yahya adalah menyerupai, dilarang menyerupai orang kafir atau laki-laki menyerupai perempuan. Perihal berpakaian dikembalikan kembali dengan situasi menggunakannya, di negeri tersebut pakaian itu dominan dengan apa, jika tidak dominan dengan kafir tidak masalah. Penelitian ini fokus pada fenomena trend fashion dalam kitab hadis Taysi>ru Al-‘Ala>m karya ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al-Bassa>m. penelitian ini dirumuskan dalam tiga pertanyaan: (1) Bagaimana klasifikasi dan kualitas hadis-hadis trend fashion dalam kitab Taysi>ru al-'Ala>m Syarh 'Umdat al-Aḥkām?; (2) Bagaimana makna hadis trend fashion dalam kitab Taysi>ru al-'Ala>m Syarh 'Umdat al-Aḥkām?; (3) Bagaimana aktualisasi makna hadis trend fashion dalam kitab Taysi>ru al-'Ala>m Syarh 'Umdat al-Aḥkām? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif analisis-deskriptif yang bersifat kepustakaan (library research) dengan pendekatan studi Ma’anil hadis Ali Mustafa Ya’qub yakni objek penelitian ini diambil dari sumber data primer yakni hadis-hadis dalam kitab Taysi>ru al-'Ala>m Syarh 'Umdat al-Aḥkām. sedangkan data sekunder dari kajian literatur yang memiliki keterkaitan dengan pembahasan pada artikel ini. Sehingga artikel ini bertujuan untuk menyikapi Ma’anil hadis-hadis trend fashion dalam kitab Taysi>ru al-'Ala>m Syarh 'Umdat al-Aḥkām baik dari segi makna hadis-hadis serta kontekstualisasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Klasifikasi hadis tentang trend fashion dalam kitab Taysi>ru Al-‘Ala>m mencangkup term Liba>s al Hari>r, A<niyatu Az} Z{ahab wal Fid}d}ah, Kha>tamu Z{ahab. Dari segi kualitas termasuk dalam kategori hadis shahih. (2) Makna hadis-hadis dalam kitab Taysi>ru Al-‘Ala>m adalah larangan mengunakan sutra bagi laki-laki, larangan menggunakan bejana emas atau perak bagi laki-laki dan perempuan, serta larangan mengguanakan cincin emas bagi laki-laki. (3) Aktualisasi hadis dalam fenomena trend fashion adalah bahwa tidak secara mutlak di hukumi haram melainkan tergantung latar belakang penggunaannya. Ada yang diperbolehkan apabila sakit atau hanya sekedar menyimpan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Hadits
Depositing User: 126312201004 SYAIDAH PURNAMASARI
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:39
Last Modified: 13 Aug 2024 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50291

Actions (login required)

View Item View Item