THE CORRELATION BETWEEN HABIT OF LISTENING ENGLISH SONG AND THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SMAN 1 SUTOJAYAN

LINDA RAHMAWATI, 126203202113 (2024) THE CORRELATION BETWEEN HABIT OF LISTENING ENGLISH SONG AND THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SMAN 1 SUTOJAYAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (94kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (145kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (101kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

Rahmawati, Linda. NIM.126203202113. 2024. The Correlation Between Habit of Listening English Song and The Student Vocabulary Mastery an SMAN 1 Sutojayan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.Dosen Pembimbing: Dr.Sukarsono, M.Pd. Kata Kunci: Korelasi, Kebiasaan mendengarkan lagu Bahasa Inggris, Penguasaan Kosakata Kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa inggris dapat menjadi latihan siswa dalam kemampuan menguasai kosakata. Ketika mendengarkan lagu berbahasa Inggris menjadi suatu kebiasaan bagi siswa, maka mereka tidak akan merasa asing dengan kata-kata yang baru didengarnya karena mungkin saja mereka pernah mendengar kata-kata yang ada di dalam lagu tersebut. Saat mendengarkan lagu, siswa cenderung mengikuti lirik dan ritmenya. Hal ini membantu siswa menangkap kata-kata bahasa Inggris dengan mudah karena sebagaimana Griffe (1992) menyebutkan kepekaan dalam ritme merupakan langkah awal yang mendasar dan perlu dalam mempelajari suatu bahasa. Lagu dalam pelajaran bahasa Inggris mungkin bisa menjadi teknik mengajar yang berguna. Diperkirakan bahwa lagu dapat menjadi metode yang sangat membantu untuk mengajarkan istilah-istilah baru dalam bahasa Inggris dan memperluas kosa kata siswa yang sedang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris setiap hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada korelasi antara kebiasaan dalam mendengarkan lagu Bahasa inggris dan kemampuan penguasaan kosakata siswa SMAN 1 Sutojayan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan penguasaan kosakata siswa kelas sepuluh di SMAN 1 Sutojayan Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan desain yang digunakan adalah teknik korelasional. Data frekuensi mendengarkan lagu berbahasa Inggris dikumpulkan dari penyebaran kuesioner dan data penguasaan kosakata diperoleh dari tes. Untuk mendapatkan data akhir, skala data dari kuisioner yang berbentuk ordinal dirubah menjadi data interval menggunakan MSI (Method Successive Interval), untuk menyesuaikan dengan hasil skala data test vocabulary yang sudah berbentuk intervalSampel penelitian ini adalah 35 siswa dari 10 kelas. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada taraf signifikan = 0.05 dan jumlah responden 35, maka sig. (2-tailed) adalah 0.00. Lebih kecil dari 0.05 sehingga korelasinya signifikan. Dari hasil tersebut terdapat korelasi yang signifikan artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, korelasi antara kebiasaan siswa mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan penguasaan kosa kata mereka adalah positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 126203202113 LINDA RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:17
Last Modified: 10 Sep 2024 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50342

Actions (login required)

View Item View Item