SEPTHIA EKA NOVITASARI, 126207202073 (2024) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi Kasus di SMPN 3 Kalidawir). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (580kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 3 Kalidawir” ini ditulis oleh Septhia Eka Novitasari, NIM 126207202073, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci : Keterampilan Manajerial, Kepala Sekolah, Efektifitas Kerja, Tenaga Kependidikan. Pendidikan sebagai tempat mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan memerlukan struktur organisasi yang baik, termasuk dengan kepemimpinan kepala sekolah. Seorang kepala sekolah mempunyai tugas dan tanggungjawab besar dalam mengelola lembaga, keberhasilan dan kegagalan sekolah banyak ditentukan oleh kepala sekolah, dalam mengelola lembaga tidak terlepas dari kemampuan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam melaksanakan keterampilan manajerial. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor yang penting dalam menciptakan budaya kerja tenaga pendidikan yang akan berpengaruh pada efektifitas kerja. SMP Negeri 3 kalidawir memiliki kepala sekolah yang berjiwa kepemimpinan luwes, berwibawa dan bertanggungjawab terhadap tingkat kesuksesan dan kemajuan lembaga yang dipimpinnya. Kemampuan kepala sekolah tersebut terutama berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap manajemen dan kepemimpinan, serta tugas yang dibebankan tidaklah mudah karena tidak jarang kegagalan pendidikan dan pembelajaran di sekolah disebabkan oleh kurangnya pemahaman kepala sekolah terhadap tugas-tugas yang harus dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Konseptual Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan, (2) Untuk Mengetahui Human Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan, (3) Untuk Mengetahui Tehnikal Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 3 Kalidawir. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan Kepala Tata Usaha. Adapun data sekunder berupa dokumen-dokumen yang diperoleh dari lembaga sekolah. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konseptual Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 3 Kalidawir sudah berjalan, didasari oleh komunikasi yang baik yang dibangun kepala sekolah, melakukan rapat dan juga evaluasi disetiap jangka waktu yang telah disepakati bertujuan untuk mengetahui perkembangan program yang dilakukan. Pengkajian mendalam dilakukan untuk meminimalisir adanya permasalahan entah dari perencanaannya yang masih kurang ataukah gagasan/ide yang harus diperbarui. (2) Human Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 3 Kalidawir sudah maksimal, karena kepala sekolah menjaga komunikasi dengan pendekatan karakter terhadap setiap individu, maka dari pendekatan tersebut menjadikan mudah dalam mengkategorikan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang dan keahliannya. Selain itu, tenaga pendidikan juga diberdayakan dengan mengikuti kegiatan workshop maupun pelatihan. (3) Tehnikal Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 3 Kalidawir tidak perlu diragukan lagi, terbukti kepala sekolah sudah memahami prosedur di lembaga dalam mengambil sebuah keputusan, kepala sekolah juga sudah memahami dan menjalankan terkait pemanfaatan dan pendayagunaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Kinerja Pegawai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202073 SEPTHIA EKA NOVITASARI |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50356 |
Actions (login required)
View Item |