IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA DI MI RAUDLATUT THOLABAH KEDIRI

ELY FAZLINATUS SONIA, 126205201044 (2024) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA DI MI RAUDLATUT THOLABAH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Pada Siswa MI Raudlatut Tholabah Kediri” ini ditulis oleh Ely Fazlinatus Sonia, NIM. 126205201044, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Irma Fauziah, M.Pd. NIP. 199312302020122019 Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Minat Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca pada masyarakat Indonesia dan menjelaskan pengimplementasian gerakan literasi di sekolah khususnya di MI Raudlatut Tholabah dengan program menumbuhkan minat membaca. Kemampuan literasi sangat penting bagi keberhasilan individu. Literasi di MI Raudlatut Tholabah Kediri bermanfaat untuk pembentukan budi pekerti luhur, menumbuhkan kecintaan membaca, menambah ilmu pengetahuan, serta membuka ide dan gagasan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan program Gerakan Literasi Sekolah pada siswa kelas IV di MI Raudlatut Tholabah, (2) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang memperngaruhi Gerakan Literasi Sekolah pada siswa kelas IV di MI Raudlatut Tholabah, (3) Untuk menjelaskan dampak Gerakan Literasi Sekolah pada siswa kelas IV di MI Raudlatut Tholabah Kediri. Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penariakn kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan creadibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian: (1) Implementasi progam Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa IV di MI Raudlatut Tholabah Kediri adalah memberikan motivasi dan arahan kepada siswa, perluasan akses terhadap sumber belajar dan cakupan siswa, dan motivasi keikutsertaan ekstrakulikuler, (2) Faktor pendukung yaitu Kesadaran pada diri siswa, dukungan positif dari lingkungan madrasah, Kerjasama antar pihak madrasah, penambahan buku bacaan siswa, dan kesadaran guru dan tanggung jawab. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya minat siswa untuk membaca dan fasilitas yang kurang memadai, (3) Dampak Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas IV di MI Raudlatut Tholabah Kediri adalah meningkatnya prestasi siswa dan meningkatnya sifat mandiri siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201044 ELY FAZLINATUS SONIA
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:11
Last Modified: 13 Aug 2024 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50396

Actions (login required)

View Item View Item