PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL TOLONG MENOLONG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 KEDUNGWARU

ANGGELINA WIDIARSI, 126201202190 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL TOLONG MENOLONG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anggelina Widiarsi. 2023. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Kepedulian Sosial Tolong Menolong Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Kedungwaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Di era globalisasi seperti sekarang ini, orang yang peduli terhadap sesama lambat laun semakin berkurang. Mereka yang mampu kurang peduli terhadap orang yang kurang mampu. Akibatnya pada anak zaman sekarang mencontoh sikap tercela tersebut, tidak melihat apakah hal tersebut baik atau buruk. Anak remaja sekarang mudah terpengaruh oleh dunia luar, oleh karena itu sekolah harus andil untuk mendidik kepedulian sosial pada dirinya, terutama guru PAI harus berperan untuk meningkatkan kepedulian sosial peserta didik. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti peran guru PAI dalam meningkatkan kepedulian sosial peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kedungwaru. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai Pendidik dalam membentuk karakter kepedulian sosial tolong-menolong pada peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kedungwaru?, 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai Pembimbing dalam membentuk karakter kepedulian sosial tolong-menolong pada peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kedungwaru?, 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai Motivator dalam membentuk karakter kepedulian sosial tolong-menolong pada peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kedungwaru? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertilis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Peran Guru sebagai Pendidik Guru PAI tidak hanya memberikan pelajaran di dalam kelas tetapi juga memberikan teladan dan nasihat kepada siswa, baik sebelum maupun setelah pembelajaran, untuk membentuk karakter kepedulian sosial. Guru juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan karakter kepedulian sosial, melalui kegiatan dan program keagamaan. 2) Peran Guru sebagai Pembimbing Guru tidak bekerja sendiri dalam membentuk karakter peserta didik, tetapi melalui kolaborasi dengan dewan guru dan kepala sekolah untuk memastikan bahwa pembentukan karakter dilakukan secara holistik. Guru membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar dan memberikan arahan untuk membentuk karakter kepedulian sosial, dengan melibatkan mereka dalam kegiatan seperti infaq dan berbagi. 3) Peran Guru sebagai Motivator Guru sebagai motivator menggugah minat peserta didik dalam menciptakan karakter kepedulian sosial melalui nasihat, teladan, dan dorongan positif. Motivasi yang diberikan bertujuan untuk memperkuat kesadaran peserta didik terhadap nilai-nilai kepedulian sosial, serta untuk mendorong mereka agar melakukan aksi nyata di masyarakat. Kata kunci: Peran Guru, PAI, Meningkatkan Kepedulian Sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202190 ANGGELINA WIDIARSI
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:37
Last Modified: 08 Aug 2024 08:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50436

Actions (login required)

View Item View Item