Nica Sadiya, 126405202192 (2024) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI UD. BINTANG ANTIK SEJAHTERA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Melalui Marketplace Facebook Dalam Meningkatkan Penjualan di UD. Bintang Antik Sejahtera Tulungagung” yang ditulis oleh Nica Sadiya, NIM. 126405202192, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan penjualan yang cukup signifikan dari perubahan sistem marketing offline ke online di Bintang Antik Sejahtera Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan visibilitas produk, menarik pelanggan potensial, dan akhirnya meningkatkan penjualan perusahaan tersebut. Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi pemaasaran UD. Bintang Antik Sejahtera melaluimarketplace facebook, 2) Bagaimana dampak yang ditimbulkan terhadap penjualan, 3) Bagaimana kendala dalam penerapan strategi tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research), dengan data primer berupa hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan data sekunder berupa referensi buku, jurnal, website, dan sumber lainnya. Teknik analisis yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di UD. Bintang Antik Sejahtera Tulungagung menerapkan strategi pemasaran yang menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P dalam meningkatkan penjualan. 1) Dalam segi product perusahaan ini lebih mengoptimalkan kualitas, ketahanan, pelayanan dan estetika pengembangan inovasi produk. Dalam segi price atau harga, disesuaikan dengan kualitas dan manfaat, keterjangkauan harga, dan memperkuat daya saing dengan kompetitor . Untuk place sebagai tempat atau saluran distribusi, perusahaan memberikan tempat yang mudah dijangkau dan penyaluran distribusi yang dijamin keamanannya dengan berbagai saluran distribusi. Untuk promotion pada perusahaan ini menggunakan metode online salah satunya melalui marketplace facebook. 2) Dengan penggunaan strategi tersebut berdasarkan data hasil penjualan, perusahaan mengalami peningkatan penjualan selama beberapa tahun terakhir. 3) Adapaun kendala internal yang terjadi pada masalah packing produk, kerusakan mesin produksi, kinerja karyawan, dan masalah di bidang promosi seperti pembuatan fitur marketplace facebook yang semakin sulit, dan rawannya banned akun facebook. Sedangkan kendala eksternal yang terjadi seperti halnya masalah cuaca, ketelatan distribusi bahan baku, dan terbatasnya pihak ekspedisi. Kata Kunci: strategi, bauran pemasaran, marketplace, facebook, penjualan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > E-Commerce Ekonomi > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405202192 NICA SADIYA |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:25 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50447 |
Actions (login required)
View Item |