APRIYANI, 1880501220052 (2024) PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus MAN Asahan dan MAN Tanjung Balai). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (971kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perwujudan dari lembaga pendidikan yang menjalin hubungan baik antara kepala dengan para bawahannya dalam mengambil sebuah keputusan. Para partisipan menjadi pokok utama dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dengan mendengarkan pendapat, berkomunikasi dengan baik, berjiwa sosialis dan tidak fokus hanya pada hasil akhir saja. Hal ini mengutamakan adanya sikap bebas berpendapat dan persamaan antara kepala dan para guru dalam mengambil keputusan secara partisipatif yang merupakan pondasi darid emokrasi serta sikap persaudaraan yang merupakan ciri dari sikap humanitas yang menciptakan manusia untuk menghargai pendapat satu sama lain. Penelitian ini fokus pada pertanyaan yang berkaitan dengan kebijakan kepala madrasah dalam mengambil keputusan partisipatif untuk meningkatkan mutu pendidikan, yaitu: (1) Proses pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, (2) Implementasi pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan (3) Evaluasi pengambilan keputusan partisipatif kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman upaya meningkatkan kualitas dalam pembelajaran, yakni degan memahami hakikat dari sebuah humanitas dan demokrasi yang bersifat partisipatif dalam lembaga pendidikan. Konsep partisipatif dalam pengambilan keputusan ini menjelaskan bahwa sebuah konsep yang menguraikan persoalan kepala madrasah untuk menghargai bawahannya untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tujuan dari madrasah sendiri. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Proses pengambilan keputusan partisipatif dalam meningkatkan mutu pendidikan dimulai dengan identifikasi masalah yang telah dikumpulkan berdasarkan fakta dan data, baik secara langsung atau tidak langsung dengan melibatkan para guru dan staf untuk mengumpulkan informasi-informasi penting, (2) Implementasi pengambilan keputusan partisipatif dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengikutsertakan para civitas akademik madrasah dalam mengambil sebuah kebijakan yang bersifat demoratif dan partisipatif, (3) Evaluasi pengambilan keputusan partisipatif dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan meninjau ulang kembali masalah-masalah yang berhubungan dengan program secara berulang dan membuat kembali keputusan secara partisipatif untuk mengetahui perkembangan program secara berkala. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Mutu, Pengambilan Keputusan, Partisipatif
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220052 APRIYANI |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 03:31 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 03:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50474 |
Actions (login required)
View Item |