DEWI ROISUL HABIBAH, 2817133032 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS)GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (715kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Download (370kB) |
||
|
Text
BAB 3.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Guru Al-Quran Hadits Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Roisul Habibah NIM. 2817133032, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS), Guru Al-Quran Hadits, Aktivitas Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran al-quran hadits di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung guru menerapkan model pembelajarn kooperatif tipe think pair and share (tps). Dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (tps) ini diharapkan dapat mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi dan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Fokus masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana guru al-quran hadits menerapkan model berpikir dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana guru al-quran hadits menerapkan model berpasangan dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana guru al-quran hadits menerapkan model berbagi dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan guru al-quran hadits menerapkan model berpikir dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung 2) Untuk memaparkan guru al-quran hadits menerapkan model berpasangan dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung 3) Untuk memaparkan guru al-quran hadits menerapkan model berbagi dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi kepala MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung dijadikan sebagai dasar kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi guru MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan meningkatkan proses pembelajaran dikelas, bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian lain khususnya di bidang model pembelajaran, bagi perpustakaan IAIN Tulungagung sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar dan bacaan mahasiswa lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi data yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model berpikir guru al-quran hadits dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di mulai dengan menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan bersama agar peserta didik lebih siap, kemudian membimbing peserta didik untuk berpikir mandiri tujuannya supaya peserta didik tersebut dapat mencurahkan ide mereka sendiri dalam menyelesaikan masalah, selanjutnya menganjurkan peserta didik serius dalam mengerjakan soal agar jawaban yang didapat pada tahap ini benar-benar jawaban mereka sendiri 2) Penerapan model berpasangan guru al-quran hadits dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik guru aktif mendatangi setiap kelompok dalam mengerjakan soal agar dapat diketahui bagaimana aktivitas peserta didik dalam tahap ini, guru juga menfasilitasi kelompok serta menganjurkan peserta didik untuk bertukar pikiran dengan kelompoknya 3) Penerapan Model berbagi guru al-quran hadits dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menampilkan hasil yang diperoleh dari diskusi mereka dengan kelompoknya, guru juga memberikan penguatan untuk mengoreksi dan meluruskan hasil kerja peserta didik yang dirasa kurang sesuai agar materi benar-benar bisa diterima dan dipahami oleh peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133032 DEWI ROISUL HABIBAH |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 06:19 |
Last Modified: | 19 Jun 2017 06:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
View Item |