IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENUMBUHKAN NILAI KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA KARTINI PAKISREJO

RIKA SEVIANTI MAVIKASARI, 126206201023 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENUMBUHKAN NILAI KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA KARTINI PAKISREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Outdoor Learning Dalam Menumbuhkan Nilai Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Kartini Pakisrejo” yang ditulis oleh Rika Sevianti Mavikasari, NIM 126206201023. Dosen Pembimbing Dr. Susanto, M.Or Kata kunci: Outdoor Learning, Kerjasama Outdoor Learning merupakan upaya untuk mengasah aktivitas fisik dan sosial emosional anak dimana anak akan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang secara tidak langsung melibatkan kerja sama antar teman dan kemampuan berkreasi. Proses pembelajaran yang kurang optimal akan berdampak pada hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan Outdoor Learning dalam menumbuhkan nilai kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Kartini Pakisrejo, mendeskripaikan pelaksanaan Outdoor Learning dalam menumbuhkan nilai kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Kartini Pakisrejo, dan mengetahui pentingnya evaluasi Outdoor Learning dalam menumbuhkan nilai kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Kartini Pakisrejo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan trianggulasi. Penelitian ini berada di RA Kartini Pakisrejo, Jl. Madrasah No. 10, Pakisrejo, Kec. Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 6623 Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses perencanaan Outdoor Learning mengedepankan kebutuhan anak contohnya: penyusun RPP, sosialisasi dengan orang tua, dua Outdoor Learning yaitu Fun Saturday dan Outdoor transisi. 2) Pelaksanaan pembelajaran dirancang sesuai RPPH yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 3) Evaluasi capaian kegiatan pembelajaran seperti: perkembangan nilai kerjasama anak, keaktifan dalam kegiatan Outdoor Learning, dan rekaman catatan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201023 RIKA SEVIANTI MAVIKASARI
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:10
Last Modified: 14 Aug 2024 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50550

Actions (login required)

View Item View Item