STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

SAYYIDAH LUTFIYAH, 126207202066 (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Sayyidah Lutfiyah, NIM: 126207202066, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Tenaga Kependidikan Penelitian ini dilatabelakangi oleh keberhasilan dalam mengelola sumber daya manusia. Keberhasilan dalam mengelola sumber daya manusia dapat mempengaruhi tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Pengelolaan pendidikan dijalankan oleh tenaga kependidikan, oleh karena itu diperlukan strategi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan kinerja yang berkualitas. Hal ini tentunya diperlukan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, karena kepala sekolah sebagai pemimpin tentunya memiliki strategi untuk meningkatkan kinerja bawahan atau pegawainya. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatan kinerja tenaga kependidikan di MTsN 5 Tulungagung?, 2) Bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatan kinerja tenaga kependidikan di MTsN 5 Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatan kinerja tenaga kependidikan di MTsN 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan study kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kepercayaan (credibility). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Perencanaan strategi ini melibatkan unsur pimpinan sekolah. Kepala sekolah melakukan perencanaan strategi pada awal tahun ajaran dengan mengadakan rapat. Kemudian kepala sekolah melakukan supervisi terhadap tenaga kependidikan dan melakukan analisis kebutuhan terhadap tenaga kependidikan. Perencanaan tersebut disusun dalam bentuk program kerja tahunan dengan pembagian tugas tenaga kependidikan. 2) Implementasi strategi yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan melakukan pembagian tugas tenaga kependidikan sesuai tupoksi berdasarkan bidang administrasinya. Kepala sekolah rutin melakukan pembinaan untuk memberikan dorongan semangat dalam bekerja. Kepala sekolah juga melakukan pelatihan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yaitu dengan mengikutkan tenaga kependidikan dalam kegiatan workshop, diklat, maupun pelatihan secara langsung dengan memotivasi agar dapat meningkatkan kinerja. 3) Evaluasi strategi kepala sekolah yaitu dilakukan dengan penilaian kinerja tenaga kependidikan. Penilaian ini merupakan bentuk evaluasi yang dijadikan kepala sekolah dalam memberikan catatan kinerja dan mengukur hasil kerja yang disesuaikan dengan fakta di lapangan. Hasil evaluasi kinerja dapat dijadikan landasan dalam pemberian penghargaan bagi tenaga kependidikan yang memiliki peningkatan dalam kinerja, sedangkan untuk tenaga kependidikan yang memiliki kinerja menurun akan dilakukan tindak lanjut pembinaan secara langsung oleh kepala sekolah untuk mendapatkan pengarahan dan juga motivasi untuk meningkatkan kinerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Kinerja Pegawai
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202066 SAYYIDAH LUTFIYAH
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:54
Last Modified: 08 Aug 2024 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50561

Actions (login required)

View Item View Item