STRATEGI PEMASARAN KEPALA MADRASAH DALAM MENARIK MINAT SISWA BARU DI MIN 8 BLITAR

SIFA'UL MAHMUDAH, 126207203103 (2024) STRATEGI PEMASARAN KEPALA MADRASAH DALAM MENARIK MINAT SISWA BARU DI MIN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Kepala Madrasah dalam Menarik Minat Siswa Baru di MIN 8 Blitar” ini ditulis oleh Sifa'ul Mahmudah, NIM 126207203103, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Pemasaran, Jasa Pendidikan. Pemasaran, dalam dunia pendidikan tentunya tidak asing lagi, di era sekarang hampir setiap lembaga pendidikan melakukan kegiatan pemasaran atau marketing pendidikan. Setiap lembaga pendidikan saling berusaha untuk menunjukkan bahwa lembaganya bisa lebih unggul dan menonjol, tujuan utamanya untuk menarik minat para calon siswa yang menonjol dan baik untuk bergabung dan memenuhi target kuota pendaftaran siswa baru. Bukan hanya tentang memperoleh siswa baru saja tetapi juga untuk membuktikan dan mempertahankan reputasinya sebagai penyedia jasa pendidikan yang berkualitas dan unggul. Pemasaran yang baik membutuhkan strategi yang terkelola dan terkonsep dengan matang agar bisa mewujudkan hasil yang diharapkan. Strategi pemasaran pendidikan memiliki posisi yang sangat penting karena dunia saat ini telah memasuki zaman globalisasi, pada zaman ini semua serba maju dan canggih yang menyebabkan iklim kompetitif sudah memasuki semua lini kehidupan. Pemasaran pendidikan berguna sebagai suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di era persaingan global. Tujuan dari pemasaran di suatu lembaga pendidikan adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang produk-produk sekolah meningkatkan minat, untuk membantu sekolah agar tetap eksis dan jumlah pelanggannya yang semakin meningkat. Tujuan penelitian ini yakni : 1) Untuk mendeskripsikan produk yang ditawarkan dalam menarik minat siswa baru di MIN 8 Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan promosi yag dilakukan dalam menarik minat siswa baru di MIN 8 Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan keadaan tempat (place) dalam menarik minat siswa baru di MIN 8 Blitar. Jenis atau Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data informan, tempat dan dokumen. Analisis data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini lakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Produk yang ditawarkan oleh MIN 8 Blitar dalam menarik minat siswa baru menawarkan produk jasa berupa reputasi yang bagus, program kegiatan akademik, non-akademik maupun ekstrakurikuler. MIN 8 Blitar menawarkan program yang tidak semua madrasah mempunyai progam tersebut,yaitu program tahfidz dan tpq. Dari semua program tersebut melahirkan prestasi dan lulusan yang berkualitas yang sudah dibekali dengan ilmu agama dan ilmu umum. (2) Promosi dilakukan oleh MIN 8 Blitar dalam menarik minat siswa baru yaitu dengan menggunakan media cetak dan media sosial. Media cetak yang digunakan berupa banner yang dipasang di pinggir jalanan dan menyebar pamflet. Sedangkan untuk promosi menggunakan media sosial MIN 8 Blitar memanfaatkan akun media sosial seperti facebook, instragram, website madrasah dan youtube. Selain itu MIN 8 Blitar juga melakukan promosi dengan kunjungan ke sekolah-sekolah sekitar madrasah. (3) Place (Tempat/Lokasi) yang ada di MIN 8 Blitar untuk menarik minat siswa baru terletak pada lokasi yang strategis. Akses jalan yang mudah dilalui. Meskipun letak sekolah tidak dekat dengan jalan raya, namun sudah ada papan petunjuk arah sehingga mempermudah para konsumen untuk mencari. MIN 8 Blitar nyaman digunakan ketika pembelajaran berlangsung. Dikarenakan tidak terganggu bisingnya jalan raya, selain itu sekolahnya juga rindang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203103 SIFA'UL MAHMUDAH
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:38
Last Modified: 14 Aug 2024 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50573

Actions (login required)

View Item View Item