PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

SHELINA OKTA ADIANIKA, 126208202074 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (778kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII SMP Negeri 1 Srengat Blitar” ditulis oleh Shelina Okta Adianika, NIM 126208202074, dosen pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci : Pengaruh, Discovery Learning, Minat, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar terhadap pelajaran IPA khususnya materi sistem pernapasan. Hal hal ini membuat nilai siswa kurang dari KKM. Kunci dalam pembelajaran inovatif adalah learning can be fun. Ciri proses pembelajaran inovatif adalah siswa terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui praktek dan mengembangkan pemahaman melalui pengalaman. Pendidikan harus mampu menautkan dimensi nilai-nilai kehidupan dan logika. Pembelajaran discovery learning adalah suatu model untuk mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, maka hasil yang diperoleh akan membekas dalam ingatan tidak akan mudah dilupakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) membuktikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Srengat. 2) membuktikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Srengat. 3) membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain yang dipakai Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Srengat Blitar yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelas eksperimen siswa menerima pembelajaran biologi materi sistem pernapasan dengan model pembelajaran discovery learning. Pada kelas kontrol, siswa menerima pembelajaran biologi materi sistem pernapasan dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan kuesioner minat belajar serta dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap minat belajar. Dengan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,011 < 0,05 dan nilai t-hitung = 2,633 dengan nilai t-tabel =1,997. 2) Penerapan model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung = 3,997 dengan nilai t-tabel = 1,997. 3) Penerapan model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Implikasi penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202074 SHELINA OKTA ADIANIKA
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:40
Last Modified: 13 Aug 2024 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50592

Actions (login required)

View Item View Item