AHMAD ZARKASY, 1880501220062 (2024) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PEMBERDAYAAN GURU, DAN EFIKASI DIRI GURU TERHADAP KINERJA GURU MAN SE KABUPATEN SLEMAN. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kinerja guru merupakan faktor dominan yang mendukung terwujudnya efektifitas pendidikan (educational effectiveness). Guru yang puas cenderung lebih termotivasi, berinovasi dalam metode pengajaran, dan bersemangat dalam melaksanakan tugas mereka, yang meningkatkan kualitas pendidikan. Kinerja guru yang merupakan manifestasi dari tugas utama guru – perencanaan, pembelajaran, dan penilaian – memiliki signifikansi terhadap capaian peserta didik (student achievement) yang notabene adalah indikator utama efektifitas pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) Kondisi masing-masing variabel pada lokus penelitian, 2) Pengaruh langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 6 rumusan masalah, dan 3) Pengaruh tidak langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 4 rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan menguji berbagai teori tentang pengaruh budaya organisasi, pemberdayaan guru, dan efikasi diri guru terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 151 orang guru pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sleman. Data dianalisis berdasarkan model SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) menggunakan program aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa: 1) budaya madrasah menunjukkan dalam kondisi sangat baik menurut 51% responden, pemberdayaan guru menunjukkan dalam kondisi sangat baik menrut 51% responden, efikasi diri guru menunjukkan dalam kondisi baik menurut 63% responden, kinerja guru menunjukkan kondisi baik menurut 70% reponden. 2) Semakin baik kualitas budaya organisasi, maka semakin baik pula pemberdayaan guru. 3) Semakin baik budaya organisasi maka semakin baik pula efikasi diri guru. 4) Semakin baik budaya organisasi maka semakin baik pula kinerja guru. 5) Semakin baik pemberdayaan guru maka semakin baik pula efikasi diri guru. 6) Semakin baik pemberdayaan guru, maka semakin baik pula kinerja guru. Dengan catatan, peningkatan kinerja guru melalui pemberdayaan guru perlu mempertimbangkan aspek efisiensi dan efektifitas mengingat pengaruhnya yang sangat lemah. 7) Semakin baik efikasi diri guru maka semakin baik pula kinerja guru. 8) pemberdayaan guru mampu memoderatori budaya organisasi dalam meningkatan kinerja guru. 9) Efikasi diri guru mampu memoderatori budaya organisasi dalam meningkatan kinerja guru. 10) Efikasi diri guru mampu memoderatori pemberdayaan guru dalam meningkatan kinerja guru. 11) Pemberdayaan guru dan efikasi diri guru mampu memoderatori budaya organisasi dalam meningkatan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220062 AHMAD ZARKASY |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50615 |
Actions (login required)
View Item |