FARAH AYUDIMARHATI AMATURRAHMAAN, 126206201005 (2024) PENGEMBANGAN PROTOTYPE MEDIA BUKU POP UP DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATAHATI IBU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun, pada usia ini anak mengalami masa golden age. Pada masa tersebut anak bertumbuh kembang dengan sangat pesat, pemberian stimulus yang tepat akan membantu optimalnya perkembangan dan pertumbuhan anak, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu bentuk upaya mengoptimalkan perkembangan anak. PAUD merupakan jenjang pendidikan pertama yang ditempuh, sehingga menjadi landasan dalam mempersiapkan anak untuk jenjang selanjutnya. Pembelajaran pada PAUD cenderung menggunakan media pembelajaran, dengan tujuan memunculkan semangat belajar dan memudahkan anak dalam memahami materi. Penggunaan media dapat membantu pendidik dalam mengoptimalkan aspek perkembangan anak. Bahasa adalah salah satu aspek perkembangan yang dapat diajarkan dan dikenalkan melalui media, seperti buku, video, gambar, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses pengenalan pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia 5-6 tahun di TK permatahati IBU; (2) untuk mendeskripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan desain media buku pop up untuk anak usia 5-6 tahun dalam membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris di TK permatahati IBU. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) yang dikembangkan oleh tokoh Thiagarajan. Pada penelitian ini tahap pengembangan hanya sampai develop, hal ini dikarenakan adanya kendala selama proses penelitian. Penelitian dilakukan di TK permatahati IBU pada kelompok B (usia 5-6 tahun). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket validasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk selanjutnya dilakukan tahap design, dan develop. Hasil penelitian setelah melakukan olah data, yaitu; (1) proses pengenalan bahasa inggris dilakukan dengan beberapa metode, seperti metode demonstrasi, metode bernyanyi dan mengerjakan majalah, peserta didik diajak untuk menirukan pendidik, memutar lagu berbahasa inggris, lalu bernyanyi bersama-sama; (2) dilakukan uji validitas kelayakan dan kesesuaian desain media buku pop up. Hasil dari uji validasi desain media sebesar 90% menunjukkan bahwa desain media “sangat layak”, hasil uji validasi materi dengan skor 97,5% menunjukkan bahwa isi materi buku pop up “sangat sesuai”. Kata Kunci: Bahasa Inggris AUD, Buku Pop Up, Prototype
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206201005 FARAH AYUDIMARHATI AMATURRAHMAAN |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50618 |
Actions (login required)
View Item |