DINI FITRIANI MAHBUBAH, 126205202155 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS III MI RIYADLOTUL UQUL KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dini Fitriani Mahbubah, NIM 126205202155, 2024. Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Power Point Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III MI Riyadlotul Uqul Kediri”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Rohmah Ivantri, M.Pd.I Kata Kunci: Media Power Point Interaktif, Siklus Hidup Hewan, Meningkatkan Pemahaman Siswa Media power point interaktif termasuk media pembelajaran yang tergolong unik, mampu menarik perhatian siswa untuk ikut serta dalam kegiatan belajar serta tampilan desain yang menarik akan mengajak siswa untuk lebih fokus dan bisa lebih interaktif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya media yang digunakan sebagai sarana untuk mempermudah proses belajar mengajar sekaligus dapat menambah siswa lebih interaktif. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran berbentuk power point yang dapat membantu siswa dalam memahami materi lebih nyata sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengembangan media power point interaktif dalam proses pembelajaran pada materi siklus hidup hewan kelas III MI Riyadlotul Uqul Kediri. (2) Mendeskripsikan kelayakan media power point interaktif dalam proses pembelajaran pada materi siklus hidup hewan kelas III MI Riyadlotul Uqul Kediri. (3) Mendeskripsikan tingkat keterbacaan media power point interaktif dalam proses pembelajaran pada materi siklus hidup hewan kelas III MI Riyadlotul Uqul Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian Reseacrh and Development dengan merujuk pada model pengembangan ADDIE dengan menggunakan lima tahapan dimulai dari: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Proses pengembangan media power point interaktif dilakukan berdasarkan tahapan tersebut. Yaitu diawali analisis kebutuhan, desain media power point interaktif, proses pengembangan, validasi media, dan penerapan/evaluasi media. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Pengembangan media power point interaktif dihasilkan melalui aplikasi power point dan pinterest yang telah disesuaikan dengan materi pelajaran. (2) Kelayakan produk berdasarkan validasi para ahli diperoleh persentase sebesar 90,66%. Ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 91,5%, dan ahli bahasa sebesar 85,5% hal ini media power point interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid. (3) Hasil analisis uji keterbacaan terhadap siswa diperoleh persentase sebesar 92,40% hal ini media power point interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat terbaca.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202155 DINI FITRIANI MAHBUBAH |
Date Deposited: | 22 Sep 2024 07:19 |
Last Modified: | 22 Sep 2024 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50621 |
Actions (login required)
View Item |