SABILILLAH ANJANI, 126208203097 (2024) ANALISIS MUATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MODUL AJAR BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024 DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Muatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Modul Ajar Biologi Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Sabilillah Anjani, NIM. 126208203097, dengan dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci : Modul Ajar, Keterampilan Proses Sains (KPS), Biologi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan modul ajar yang menjadi satu-satunya sumber belajar dalam pembelajaran biologi yang berasal dari penerbit tertentu dan wajib dimiliki setiap peserta didik kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 ini dalam pembelajaran sains di sekolah, hanya terfokus pada pemberian materi sains secara utuh, belum menekankan pada aktivitas peserta didik untuk berbuat dan mengarahkan penguasaan Keterampilan Proses Sains (KPS) secara sepenuhnya serta penerapan pembelajaran sains seringkali masih berkaitan dengan pendekatan konsep dibandingkan dengan pendekatan proses. Dalam hal ini, persoalan seleksi modul ajar yang digunakan menjadi sangat penting untuk mencapai kompetensi dalam tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keberadaan muatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam modul ajar Biologi Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 MA Darul Huda Wonodadi Blitar dari segi konten. (2) Mendeskripsikan keberadaan muatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam modul ajar Biologi Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 MA Darul Huda Wonodadi Blitar dari segi soal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan melakukan pengecekan muatan keterampilan proses sains yang ada pada modul ajar biologi kelas X semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dari segi konten dan soal yang diterbitkan oleh PT. Warna Mukti Grafika dengan bantuan instrumen yang telah dibuat sebelumnya. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Keberadaan muatan KPS dari segi konten pada modul ajar biologi memperoleh hasil persentase sebesar 46,66% dengan kategori sesuai. Aspek KPS yang disajikan dari segi konten dalam modul ajar tersebut, yaitu aspek mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, meramalkan, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan dan mengkomunikasikan. (2) Keberadaan muatan KPS dari segi soal pada modul ajar biologi memperoleh hasil persentase sebesar 12,5% dengan kategori tidak sesuai. Aspek KPS yang disajikan dari segi soal dalam modul ajar tersebut, yaitu aspek mengamati dan mengelompokkan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan muatan KPS dalam modul ajar biologi SMA/MA kelas X semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 memperoleh nilai kesesuaian sebesar 29,58 % dengan kriteria tidak sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208203097 SABILILLAH ANJANI |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:16 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50656 |
Actions (login required)
View Item |