EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 31 TAHUN 2023 TERHADAP PELAKU USAHA TIKTOK SHOP (Studi Kasus di Wilayah Kabupaten Kediri)

MOHAMMAD AINUL YAQIN, 126103203288 (2024) EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 31 TAHUN 2023 TERHADAP PELAKU USAHA TIKTOK SHOP (Studi Kasus di Wilayah Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang perizinan berusaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik. Dalam peraturan tersebut, pemerintah berupaya untuk menata ulang sistem perdagangan melalui elektronik. Yang mana hal tersebut berdampak pada Pro dan Kontra terkait penataan ulang dari pada Tiktok Shop, adanya peraturan ini dilatarbelakangi dengan kondisi TikTok Shop yang masih belum teratur, sehingga adanya peraturan ini ditujukan untuk mengatur demikian. Rumusan masalah yang diambil adalah 1)Bagaimana Efektivitas Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 Terhadap Pelaku Usaha?, 2) Bagaimana Pengaruh Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 Terhadap Pelaku Usaha Tiktok?, 3) Bagaimana Relevansi Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 Dengan Hukum Islam? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah: pendekatan yuridis empiris dan jenis penelitian lapangan (field research). Tehnik pengumpulan data yang dugunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Sedangkan Tehnik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian Pengecekan Keabsahan Data yang digunakan adalah Triangulasi dan Membercheck Hasil dari penelitian ini adalah 1) Efektivitas Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 berjalan secara Efektif karena dalam proses penelitian dan uji ke efektivan dari berbagai narasumber peneliti tidak menemukan narasumber yang dirugikan oleh Permendag No. 31 Tahun 2023 dan juga sesuai dengan teori efektivitas menurut soerjono soekanto bisa dikatakan efektiv ketika kaidah hukum bisa mencapai tujuannya yaitu untuk menata ulang sistem perdagangan melalui elektronik. 2) Pengaruh Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 ialah dalam pelaksanaanya peneliti menemukan pengaruh diantaranya yaitu narasumber sangat percaya dengan adanya sistem pendaftaran pelaku usaha semakin dijamin keamanan barang yang dijual dan juga persangingan usaha semakin semakin sehat karena bersangingnya bukan lagi sama produsen luar negeri yang bisa menjual barang dengan merusak standart harga dalam negeri, 3) Bagaimana Relevansi Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 Dengan Hukum Islam ialah relevan karena dalam proses jual beli dalam Tiktok Shop tetap ada akad dan bisa di kembalikan bilamana tidak sesuai apa yang sudah dipesan dalam proses tersebut sudah memuat syarat sah jual beli dalam islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Perjanjian
Hukum > Perlindungan Hukum
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103203288 MOHAMMAD AINUL YAQIN
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:57
Last Modified: 13 Aug 2024 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50779

Actions (login required)

View Item View Item