PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM SUSI SUSANTI LOVE ALL PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI MAN/SMA/SMK

ANISHA PUSPITA SARI, 12210193035 (2024) PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM SUSI SUSANTI LOVE ALL PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI MAN/SMA/SMK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pendidikan Karakter pada film Susi Susanti Love All dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di MAN yang ditulis oleh Anisha Puspita Sari, NIM 12210193035. Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi, Dra. Siti Zumratul Maulida, M.Pd.I Kata kunci : Pendidikan Karakter, Film Susi Susanti Love All, Perspektif Ki Hadjar Dewantara, Relevansi Pembelajaran sastra dilakukan untuk melatih perasaan, mempertajam akal pikiran dan menerima norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat untuk memperoleh nilai-nilai kehidupan. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk mendidik peserta didik agar memiliki kepribadian lebih baik sesuai norma-norma yang berlaku di masyarakat.Pendidikan karakter dapat ditemukan pada karya sastra berupa film. Salah satu film yang memuat nilai pendidikan karakter yaitu film Susi Susanti Love All. Film bertema keolahragaan yang menceritakan perjuangan dan kerja keras seorang atlet legendaris bulu tangkis bernama Susi Susanti dalam meraih mimpinya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan mendeskripsikan pendidikan karakter pada film Susi Susanti Love All perspektif Ki Hadjar Dewantara dan mendeskripsikan Relevansi pendidikan karakter dalam film Susi Susanti Love All terhadap pembelajaran sastra di MAN Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Dalam penelitian ini penulis bertindak sebagai instrumen utama. Penulis mendeskripsikan pendidikan karakter pada film Susi Susanti Love All berdasarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Relevansi pendidikan karakter dalam film Susi Susanti Love All terhadap pembelajaran sastra di MAN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, teknik catat, teknik simak bebas libat cakap dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan karakter pada film berdasarkan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan relevansi pendidikan karakter pada film dengan pembelajaran sastra. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam (1) film Susi ditemukan pendidikan karakter Ki Hadjar yaitu TRINGA (ngerti, ngerasa, nglakoni). Ngerti dalam film Susi Susanti Love All ditunjukan oleh pelatihnya, kedua orang tua yang memberikan pemahaman tentang pembelajaran budi pekerti dan memberikan edukasi tentang sikap-sikap yang mencerminkan sila-sila pancasila. Ngerasa dalam film Susi Susanti Love All ditunjukan oleh tokoh Susi yang mengetahui manfaat pentingnya belajar budi pekerti dan sikap yang tercermin dalam sila-sila pancasila. Nglakoni dalam film Susi Susanti Love All ditunjukan oleh tokoh Susi yang sudah mengerti, maka sebaiknya Susi harus menerapkan pendidikan budi pekerti dan sikap-sikap yang mencerminkan silasila pancasila. (2) Relevansi pendidikan karakter berdasarkan perspektif Ki Hadjar Dewantara pada film Susi Susanti love all dalam pembelajaran sastra di MAN dapat dijadikan sebagai salah satu contoh media pembelajran yang kreatif dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Film
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193035 ANISHA PUSPITA SARI
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:43
Last Modified: 19 Aug 2024 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50794

Actions (login required)

View Item View Item