PENERAPAN STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Pada Batik Liris Manis Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

WINDA ALIMAH IGAGIANTO, 126402201021 (2024) PENERAPAN STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Pada Batik Liris Manis Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (806kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Marketing dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Menurut Perspektif Syariah (Studi Pada Batik Liris Manis Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Winda Alimah Igagianto NIM. 126402201021, Prodi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan omzet penjualan pada Batik Liris setelah covid-19 dan persaingan usaha bisnis yang semakin ketat namun hingga kini Batik Liris Manis masih berproduksi untuk melayani konsumen. Sehingga peneliti ingin meneliti lebih dalam mengenai Strategi Marketing yang diterapkan oleh UMKM melalui strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi manusia. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi produk (product) dalam meningkatkan omzet penjualan menurut perspektif syariah di Batik Liris Manis? (2) Bagaimana strategi harga (price) dalam meningkatkan omzet penjualan menurut perspektif syariah di Batik Liris Manis? (3) Bagaimana strategi promosi (promotion) dalam meningkatkan omzet penjualan menurut perspektif syariah di Batik Liris Manis? (4) Bagaimana strategi manusia (people) dalam meningkatkan omzet penjualan menurut perspektif syariah di Batik Liris Manis? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder yang diperoleh langsung dari Pemilik Batik Liris Manis, karyawan, dan konsumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah (1) Strategi produk menurut syariah yaitu dengan memperhatikan ketentuan syariah, menjaga kualitas batik, bahan yang digunakan halal dan tidak berbahaya (2) Strategi harga menurut syariah yaitu dengan menerapkan harga sesuai kualitas, tidak terlalu tinggi dan menyulitkan konsumen (3) Strategi promosi menurut syariah yang digunakan yaitu melalui pameran, informasi yang diberikan jelas dan apa adanya, konten berisi kebaikan, tidak melakukan promosi penipuan (4) Strategi manusia menurut syariah yaitu memberikan informasi produk dengan jujur, memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih, melayani dengan bersikap sopan dan ramah. Kata Kunci: Batik, Omzet Penjualan, Strategi Marketing

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402201021 WINDA ALIMAH IGAGIANTO
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:49
Last Modified: 13 Aug 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50812

Actions (login required)

View Item View Item