PENGARUH LATIHAN SOAL HOTS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI SDI AL HIDAYAH TULUNGAGUNG

RIZKA IZANA SAVITRI, 126205201072 (2024) PENGARUH LATIHAN SOAL HOTS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI SDI AL HIDAYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Latihan Soal HOTS terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPAS di SDI Al Hidayah Tulungagung” ditulis oleh Rizka Izana Savitri, NIM. 126205201072. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Latihan soal HOTS, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar Latihan soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) telah dilakukan guru SDI Al Hidayah dalam proses belajar mengajar, tetapi hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan ketika 22 peserta didik diberikan guru soal HOTS, hanya sebagian saja peserta didik yang mampu menjawab soal tersebut. Selain itu, keterampilan siswa dalam berpikir kritis juga masih tergolong rendah, siswa kebanyakan cenderung langsung mengambil informasi begitu saja tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu apakah informasi yang mereka ambil benar-benar kredibel atau tidak dalam menjawab sebuah pertanyaan. Hal tersebut mungkin disebabkan guru biasanya memberikan soal-soal yang bersifat campuran, yakni berbasis Lower Order Thinking Skill (LOTS) dan berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dengan adanya hal tersebut maka peneliti ingin membuktikan apakah dengan pemberian soal berbasis HOTS tanpa bercampur dengan soal berbasis LOTS dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh latihan soal HOTS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS di SDI Al Hidayah Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh latihan soal HOTS terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di SDI Al Hidayah Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh latihan soal HOTS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di SDI Al Hidayah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan 22 siswa kelas IVB dan 22 siswa kelas IVC SDI Al Hidayah Tulungagung sebagai sampel. Dalam mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa peneliti menggunakan metode tes pretest dan posttest yang berupa pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh latihan soal HOTS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sebesar Sig. 0,003<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latihan soal HOTS terhadap hasil belajar siswa sebesar Sig. 0,007<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Serta hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa latihan soal HOTS juga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa secara bersamaan yaitu sebesar Sig. 0,000<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201072 RIZKA IZANA SAVITRI
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:21
Last Modified: 19 Aug 2024 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50824

Actions (login required)

View Item View Item