STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM TENUN IKAT MEDALI MAS BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI

ELVI FAIZATUL JANNAH, 126402202095 (2024) STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM TENUN IKAT MEDALI MAS BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Online Dan Offline Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Tenun Ikat Medali Mas Bandar Kidul Kota Kediri” ditulis oleh Elvi Faizatul Jannah, NIM 126402202095, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan dosen pembimbing Dr.Moh Rois Abin, M.Pd.I. Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan para pelaku usaha berusaha beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan usahanya.Dan saat ini dalam dunia pemasaranpun banyak yang menggunakan teknologi internet dalam meningkatkan penjualannya yang dulunya hanya offline berubah menjadi online. Adanya pemasaran online ini mampu membawa pasar dalam jangkauan lebih luas, serta meningkatkan penjualan dengan lebih pesat.Dan banyak pengusaha yang sukses dalam menerapkan keduanya untuk meningkatkan penjualannya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi pemasaran offline dalam meningkatkan penjualan serta bagaimana strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Tenun Ikat Medali Mas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tenun Ikat Medali Mas untuk meningkatkan penjualannya menggunakan strategi pemasaran online dan offline.1)Strategi pemasaran offline menggunakan 4P yaitu produk dengan menjaga kualitas dan memperbanyak produk tenun desain kemasan yang baik.Harga dilakukan didasarkan atas biaya produksi dan harga pesaing.Tempat yaitu memilih lokasi yang strategis dan memudahkan dalam pendistribusian.Promosi dilakukan dengan papan nama dan publicity disertai membagikan brosur dan kartu nama. 2) Strategi pemasaran online yang diterapkan menggunakan 5P yaitu melalui produk dengan memanfaatkan layanan online dan juga pemanfaatan SEO pada internet dengan cara menggunakan logo merek di semua akun pejualan. Strategi harga dengan cara melihat harga pesaing dan pemberian diskon.Strategi tempat yang dilakukan adalah dengan menggunakan media sosial dan shopee.Strategi promosi dilakukan dengan menggunakan sosial media dengan memanfaatkan fitur sosial media untuk meningkatkan penjualan.Strategi orang dilakukan dengan melakukan pelayanan ramah dan informatif.Kendala pemasaraan ada pada promosi online yang dilakukan masih terbatas dan kenaikan bahan baku. Kata Kunci: Pemasaran,Online,Offline,Peningkatan Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202095 ELVI FAIZATUL JANNAH
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:50
Last Modified: 14 Aug 2024 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50846

Actions (login required)

View Item View Item