MUHAMAD WAFA AZIZUL HAQ, 12201193231 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTSN 6 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (793kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Haq, Muhamad Wafa Azizul. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi pada Mata Pelajaran SKI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTsN 6 Blitar . Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Nilai, Moderasi, Karakter Pendidikan merupaka faktor yang menentukan dan berpengaruh terhadap perubahan sosial. Pendidikan diharapkan bisa menghasilkan para generasi penerus yang mempunyai karakter yang kokoh untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Dengan demikian, pendidikan harus benar-benar dimaksimalkan dalam segala aspeknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan inernalisasi nilainilai moderasi pada mata pelajaran SKI di MTsN 6 Blitar. (2) Mendeskripsikan bagaimana karakter pesera didik dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi pada mata pelajaran SKI di MTsN 6 Blitar. (3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi pada mata pelajaran SKI di MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Internalisasi moderasi peserta didik di MTsN 6 Blitar berjalan dengan baik. Praktik moderasi di MTsN 6 Blitar tercermin dari cara bersosial peserta didik yang bertanggungjawab tanpa membedakan ras, suku, budaya dan golongan manapun. (2) Proses pengintegrasian nilai-nilai moderasi di MTsN 6 Blitar pada peserta didik dibagi menjadi 3 tahap yaitu, Proses Transformasi Nilai, Proses Transaksi Nilai, dan Proses Trans-Internalisasi Nilai. (3) Faktor penghambat dan pendukung internalisasi nilai nilai moderasi di MTsN 6 Blitar antara lain faktor pendukung: pendidik yang profesional, materi moderasi pada mata pelajaran, serta kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui: pemahaman peserta didik yang kurang, dan kurangnya partisipasi keluarga.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193231 MUHAMAD WAFA AZIZUL HAQ |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50855 |
Actions (login required)
View Item |