AHMAD ERMAWAN HARUNA SLAMET, 126201203322 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS ASY-SYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini didasarkan atas konteks di tempat penelitian strategi guru akidah akhlak pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik MTs AsySyafi‟iyah Gondang Tulungagung. Seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan pada diri peserta didik dan tidak hanya mengerjakan materi saja akan tetapi implementasi juga perlu dilakukan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar tercapai output yang berkualitas, karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektualnya, wawasan dan keterampilan semata, tanpa diimbangi dengan akhlak yang terpuji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Asy-Syafi‟iyah Gondang Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan proses memilih data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik MTs Asy-Syafi‟iyah Gondang Tulungagung adalah guru berperan sebagai teladan atau contoh, motivator dan pembimbing dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai kejujuran pada peserta didik diantaranya yaitu kegiatan sholat berjamaah, sholat jum‟at dan sholat dhuha. 2) Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik melalui penanaman nilai tanggung jawab di MTs Asy-Syafi‟iyah Gondang Tulungagung adalah guru berperan sebagai teladan, pembimbing dan pendidik. Dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai tanggung jawab pada peserta didik ini melalui tadarus al-Qur‟an sebelum mata pelajaran dimulai, adanya tagihan hafalan, dan juga program takhfid. 3) Strategi Guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik melalui penanaman sopan santun di MTs Asy-Syafi‟iyah Gondang Tulungagung adalah guru berperan sebagai teladan, motivator dan pembimbing dalam mengajarkan sopan santun pada diri siswa melalui kegiatan kerapian setiap hari dan menanamkan rasa tawadu‟ serta saling menghormati sesama terutama terhadap guru dan orang yang lebih tua.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203322 AHMAD ERMAWAN HARUNA SLAMET |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:03 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50873 |
Actions (login required)
View Item |